Wiranto Bertemu SBY, Sinyal Ajak PD Ikut Usung Jokowi?

Wiranto Bertemu SBY, Sinyal Ajak PD Ikut Usung Jokowi?
Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pertemuan Wiranto dengan SBY merupakan langkah positif.

Menurut dia, kepemimpinan nasional harus dibangun dengan semangat gotong royong. ”Dengan berdialog, kita bisa saling memahami dan kemudian bekerja sama untuk mengatasi masalah bangsa. Indonesia harus dibangun dengan kerja sama,” ucapnya saat ditemui setelah bertemu Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Saleh Muhammad Al-Shun di kantor DPP PDIP, Rabu (18/4).

Apakah itu sinyal mengajak Partai Demokrat bergabung dalam koalisi pengusung Jokowi di Pilpres 2019? Menurut dia, partai koalisi berusaha mencari titik temu dengan Partai Demokrat.

Dengan dialog tersebut, pihaknya bisa memahami apa yang menjadi harapan Partai Demokrat sehingga bisa mendapatkan pemahaman yang sama tentang tata pemerintah yang baik di masa depan.

Dia belum bisa memastikan apakah pertemuan tersebut akan dilanjutkan dengan kerja sama formal mengusung Jokowi. Menurut dia, hal itu sangat bergantung pada dinamika politik yang terjadi.

Terkait nama Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang sangat mungkin diusulkan sebagai cawapres, Hasto mengatakan bahwa setiap partai mempunyai cita-cita politik kekuasaan.

Hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah dalam demokrasi. ”Itulah yang harus didialogkan bersama,” ucap alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Di sisi lain, Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi pertemuan Wiranto dengan SBY. Pertemuan para elite itu bisa mencairkan suasana, termasuk memberi ketenteraman. Para elite tidak harus beradu pendapat, bahkan bertengkar, yang justru bisa merugikan situasi di Indonesia.

Apakah pertemuan Wiranto dengan SBY sebagai sinyal mengajak Partai Demokrat ikut mengusung Jokowi di Pilpres 2019?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News