Wisata Aman Borobudur di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Wisata Aman Borobudur di Era Adaptasi Kebiasaan Baru
Webinar yang diselenggarakan Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Foto: Humas Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Borobudur merupakan satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang terus berbenah melakukan penataan dan pengembangan potensi pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Penerapan protokol CHSE di sektor pariwisata dipercaya akan membantu mewujudkan pariwisata yang sehat sehingga perekonomian akan kembali bergulir seiring dengan tetap terjaganya kesehatan wisatawan, para pelaku wisata dan masyarakat khususnya di Borobudur.

Pengembangan sektor pariwisata Borobudur tersebut juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang dituangkan di dalam Peraturan Presiden Nomor 79 tahun 2015 tentang akselerasi pertumbuhan ekonomi koridor Kendal-Semarang-Salatiga-Demak-Grobogan, Kawasan Purworejo-Wonosobo-Magelang-Temanggung, dan kawasan Brebes-Tegal-Pemalang.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Slamet Ahmad Husein mengatakan bahwa Pemkab Magelang menyambut baik Borobudur sebagai Destinasi Super Prioritas.

Pihaknya terus berupaya memperkuat sinergitas antarpemangku kepentingan terkait dan kolaborasi untuk mewujudkan pariwisata yang sehat, sehingga ekonomi akan tetap bergulir khususnya bagi masyarakat sekitar Borobudur.

Slamet juga mengatakan Borobudur sebagai Destinasi Super Prioritas ikut mendukung terwujudnya Smart City dan Smart Economy Kabupaten Magelang.

“Smart City mendorong inovasi melalui pariwisata, bisnis, dan wajah kota, kemudian Smart Economy diarahkan untuk mendorong sistem perekonomian yang mampu menghadapi kondisi yang destruktif seperti masa pandemi sekarang ini,” ujar Slamet dalam webinar yang diselenggarakan Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis (9/9).

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Keenmkominfo Septriana Tangkary menyampaikan empat arahan tentang new normal pada sektor pariwisata, yaitu pertama perubahan tentang tren pariwisata di dunia.

Borobudur merupakan satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang terus berbenah melakukan penataan dan pengembangan potensi pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News