Wisata Virtual Dorong Perkembangan UMKM

Wisata Virtual Dorong Perkembangan UMKM
Jelajah destinasi edukatif secara virtual diharapkan bisa menggairahkan sektor pariwisata. Foto dokumentasi Universitas Prasetiya Mulya

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Prasetiya Mulya melakukan Alpha Testing untuk program aplikasi wisata virtual touree.id.

Aplikasi tersebut merupakan salah satu program Matching Fund dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk kolaborasi perguran tinggi dengan industri melalui platform Kedaireka.

Program ini melibatkan mahasiswa, dosen peneliti serta staf profesional S1 Pariwisata Universitas Prasetiya Mulya, PT. Ivonesia Solusi Data (Ivosights), warga dan pemerintah daerah, Desa Batuan. 

Kepala Desa Batuan Ari Anggara mengungkapkan para pelaku UMKM di wilayahnya ikut merasakan dampak dari program wisata virtual.

Produk-produk seperti makanan khas, material workshop kriya didistribusikan kepada para peserta tur untuk melengkapi pengalaman berwisata.

"Kegiatan wisata maya ini memberikan sarana bagi para seniman, pelaku pariwisata, dan masyarakat Desa Batuan untuk tetap berkarya,” ujar Ari Anggara dalam kegiatan jelajah destinasi edukatif secara virtual, Sabtu (18/12).

Ketua Tim Touree, Peni Zulandari Suroto menambahkan hingga kini, masyarakat Desa Batuan sangat lekat dengan kesenian yang menjadi napas kehidupan mereka.

Itu sebabnya berwisata ke Desa Batuan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan.

Universitas Prasetiya Mulya melakukan Alpha Testing untuk program aplikasi wisata virtual dalam mendorong perkembangan UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News