Wisma Atlet Hampir Penuh, Pemerintah Jadikan 2 Rusun Ini Tempat Isolasi

Wisma Atlet Hampir Penuh, Pemerintah Jadikan 2 Rusun Ini Tempat Isolasi
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya tengah berupaya untuk membuat fasilitas kesehatan (faskes) baru guna menampung pasien Covid-19.

Dua tempat isolasi baru rencananya diaktifkan, yakni Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan dan Rusun Nagrak, Jakarta Utara.

Rusun Pasar Rumput memiliki tiga tower yang dapat menjadi tempat isolasi bagi kurang lebih tiga ribu pasien.

Sementara Rusun Nagrak terdiri atas empat tower yang dapat melayani empat ribu pasien.

"Kami tahu bahwa Wisma Atlet yang tadinya ada sekitar 5.994 sudah kami naikkan sampai ke level 7 ribu. Tetapi kemudian karena kasus konfirmasinya naik terus, itu semakin hari makin penuh. Jadi kita sudah menambah dua tempat isolasi baru," tutur Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual, Jumat (25/6).

Dengan demikian, kata dia, ke depannya akan ada 7 ribu tambahan tempat tidur isolasi baru yang terpusat di Rusun Pasar Rumput dan Nagrak.

Tempat itu khusus sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala dan dengan gejala ringan.

Sedangkan RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran sendiri akan ditingkatkan sehingga dapat digunakan untuk menangani pasien Covid-19 dengan gejala sedang.

Pemerintah tengah berupaya untuk membuat fasilitas kesehatan (faskes) baru guna menampung pasien Covid-19 melakukan isolasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News