Wisman di Sulut Masih Didominasi Warga China

Wisman di Sulut Masih Didominasi Warga China
Ilustrasi pesawat di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.. ANTARA/Karel A Polakitan

jpnn.com, MANADO - Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sulawesi Utara (Sulut) pada Januari 2023 masih didominasi warga China atau Tiongkok.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Asim Saputra, wisman yang datang ke provinsi itu melalui Bandara Sam Ratulangi pada Januari 2023 sebanyak 804 orang.

Angka kunjungan wisman tersebut menurun 29,60 persen dibanding Desember 2022 (M-to-M). Namun, terjadi peningkatan 72,53 persen (Y-on-Y) jika dibandingkan Januari 2022.

"Wisman didominasi oleh warga Tiongkok sebanyak 293 orang atau sebesar 36,44 persen dari total kunjungan turis," kata Asim di Manado, Sabtu (4/3).

Negara asal wisman lainnya adalah Singapura 113 orang (14,05 persen), Amerika 44 orang (5,47 persen) dan Jerman 41 orang (5,10 persen).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey berharap wisman yang datang ke Sulut nantinya akan lebih banyak.

Olly menyebut dibukanya penerbangan langsung Manado-Narita diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata di Sulut.

Dia mengatakan pembukaan penerbangan langsung Manado-Narita (Jepang) menjadi titik awal kebangkitan pariwisata di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu.

Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sulut masih didominasi warga China. Begini harapan Gubernur Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News