Sabtu, 15 Desember 2018 – 08:58 WIB

WN Mesir Ini Temukan Metode Mudah Menghafal Aksara Jawa

Sabtu, 24 November 2018 – 06:06 WIB
WN Mesir Ini Temukan Metode Mudah Menghafal Aksara Jawa - JPNN.COM

jpnn.com, SOLO - AKSARA Jawa merupakan warisan budaya yang tidak ternilai. Sayangnya, kini keberadaannya kian memudar.

Sebagian masyarakat Jawa -terutama generasi muda- banyak yang tidak bisa menulis aksara warisan leluhur itu karena alasan sulit menghafalnya. Namun, seorang warga negara asing (WNA) asal Mesir bernama Mahmud Hamzawi Usman justru menemukan metode mudah menghafal aksara Jawa.

Mahmud sudah lebih dari 12 tahun menetap di Indonesia, tepatnya di Kota Solo. Papan nama jalan beraksara Jawa ternyata membuanya terpikat.

Anehnya, tak banyak warga di Kota Bengawan yang paham aksara itu. Sampai akhirnya Mahmud mendapat keluhan dari sang anak, Luqman Mahmud Hamzawi yang mengaku kesulitan menghafal aksara Jawa ketika mendapat tugas dari guru sekolahnya di SDN Selembaran Solo.

“Sejak saat itu saya berpikir. Apa ada yang salah dengan aksara Jawa? Mengapa orang-orang sulit menghapal dan menulisnya?” tuturnya Jawa Pos Radar Solo.

Akhirnya Mahmud mengamati aksara Jawa. Dari ssitulah dia menemukan metode yang memudahkan menghafalnya.

“Ternyata dalam huruf Jawa itu bisa dipelajari dengan berbagai perumpamaan. Perumpamaan inilah yang kemudian yang susun sebagai metode,” bebernya.

Hanya butuh tiga minggu bagi Mahmud untuk mengamati struktur dan bentuk masing-masing aksara Jawa. Menurutnya, hampir semua huruf memiliki bentuk sama.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar