WN Tiongkok Jadi Bos Pinjol Ilegal di PIK, Sanksinya Cuma Dideportasi?

WN Tiongkok Jadi Bos Pinjol Ilegal di PIK, Sanksinya Cuma Dideportasi?
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya menetapkan seorang warga negara asing (WNA) asal Tiongkok berinisial YC (38) sebagai tersangka kasus pinjaman online (pinjol) ilegal.

YC merupakan direktur PT Jie Chu Technology, sebuah perusahaan penyedia pinjol ilegal di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara yang digerebek polisi pada Kamis (27/1) lalu.

Kepala Bidang Humas Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan Ditjen Imigrasi guna mengecek izin tinggal YC maupun legalitas bisnisnya.

"Nanti kalau tidak ada izin usaha dan izin tinggalnya di sini akan dilakukan deportasi," kata di Polres Jakarta Utara, Senin (31/1).

Polisi menetapkan tiga tersangka dari hasil penggerebekan di kantor Jie Chu Technology. Tersangka pertama ialah YC yang bertanggung jawab atas pemberian pinjol dan penagihan kepada peminjam.

Tersangka lain dalam kasus itu ialah dua WNI, yakni S (34) dan N (22). Tersangka S (34) berperan sebagai komisiaris.

Adapun N bertugas mengingatkan nasaban. "N berperan sebagai reminder," kata Zulpan.

Tersangka akan menggunakan bahasa kasar dan menakut-nakuti korban yang tidak kooperatif. Intimidasi yang berupa penyebaran  fotokopi KTP maupun nomor telepon nasabah.

Seorang WN Tiongkok berinisial YC (38) yang juga direktur perusahaan pinjaman online ilegal di kawasan PIK menjadi tersangka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News