Senin, 20 Mei 2019 – 08:02 WIB

WNA asal Jepang Masuk DPT Pemilu 2019

Rabu, 13 Maret 2019 – 10:38 WIB
WNA asal Jepang Masuk DPT Pemilu 2019 - JPNN.COM

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Warga Negara Asing (WNA) asal Jepang ditemukan namanya masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Kalteng. KPU Kalteng langsung melakukan pencoretan.

“Ada satu WNA asal Jepang yang memiliki KTP Elektronik dan masuk dalam daftar pemilih tetap di Kalimantan Tengah,” ujar Komisioner KPU Kalteng Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Wawan Wiraatmaja, Minggu (10/3).

Masuknya WNA asal Jepang ini, kata dia, dikarenakan adanya kekeliruan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), ketika dimintai data terkait WNI di Kota Palangka Raya yang sudah melakukan perekaman KTP-El beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Hasil Survei Elektabilitas Caleg, Politikus Gerindra Teratas

“Kenapa bisa masuk? Karena waktu kami meminta data warga yang sudah merekam KTP-El, ternyata WNA tersebut ada. Mungkin luput dari pemilahan mereka (Disdukcapil),” ujarnya.

Untuk wilayah Kota Palangka Raya, ada 3 WNA yang mengantongi KTP-El, namun hanya satu yang sempat masuk DPT. Sedangkan duanya tidak. Untuk wilayah Kotawaringin Timur, terdapat tiga orang WNA namun tidak sampai masuk dalam DPT.

Masuknya WNA dalam DPT membuat ketua Badan Pengawas Pemilu Kota Palangka Raya Endrawati terkejut dan sama sekali tidak mengetahuinya.

“Adakah? Saya sendiri tidak tahu ini. Baru tahu sekarang,” ujar Endra.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar