WNA Masuk ke DKI Paling Banyak dari Tiongkok

WNA Masuk ke DKI Paling Banyak dari Tiongkok
Tenaga kerja asal Tiongkok. Foto: Ist for Jawa Pos Group

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) DKI Jakarta Endang Sudirman mengatakan, warga negara asing (WNA) yang paling banyak masuk ke  wilayah Jakarta, berasal dari Tiongkok. Kemudian disusul WNA asal Korea Selatan, Jepang, dan Eropa.

Tingginya angka kunjungan WNA ke Indonesia terjadi, setelah diberlakukan kebijakan bebas visa bagi 169 negara.

"Yang muncul di permukaan tentang kunjungan warga negara asing, paling banyak dari China," ucap Endang pada diskusi 'Menakar Penyalahgunaan Izin Imigrasi Terhadap Ketahanan Nasional', Rabu (21/12).

Menurut Endang, WNA umumnya masuk ke Jakarta dengan alasan untuk berlibur. Namun demikian, ada beberapa yang memanfaatkan izin kunjungan untuk aktivitas lain. Karena itu Kantor Imigrasi akan terus melakukan pengawasan.

"WNA yang masuk ke Jakarta paling banyak tersebar di Jakarta Selatan. Kemudian Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur. Kami terus meningkatkan pengawasan dan penindakan terhadap WNA yang melanggar aturan keimigrasian," ucap Endang.

Pengawasan dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya, meningkatkan sosialisasi ke tengah masyarakat dan pemilik hotel.

Harapannya, jika ditemukan dugaan pelanggaran kunjungan WNA ke Jakarta, dapat segera diketahui dan petugas imigrasi dapat segera mengambil langkah yang dibutuhkan. (gir/jpnn)

 


JAKARTA - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) DKI Jakarta Endang Sudirman mengatakan, warga negara asing (WNA)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News