WNI di Tawau Nyoblos Pilpres Besok

43.116 WNI Gunakan Hak Pilih Lewat Drop Box

WNI di Tawau Nyoblos Pilpres Besok
Kepala Konsulat Jenderal RI di Tawau, Muhammad Soleh. Foto: Hendra Saputra/Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com - NUNUKAN - Warga Negara Indonesia (WNI) di Tawau, Sabah, Malaysia bakal menggunakan hak suaranya memilih presiden dan wakil presiden periode 2014-2019, Minggu (6/7) besok. Sebanyak 48.934 WNI yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), tersebar di 4 distrik yakni Kunak, Lahad Datu, Semporna dan Tawau.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) wilayah Tawau, Sabah, Rofii menjelaskan, pelaksanaan Pilpres di Kota Tawau menggunakan dua metode. Yakni pemungutan suara lewat bilik Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan metode Drop Box. Khusus TPS, PPLN menyiapkan 9 TPS di area kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jalan Sinn On, Tawau.

“Pemilih yang terdaftar dalam DPT yang memilih lewat TPS akan menggunakan hak pilihnya Ahad. Ada 9 TPS yang kita siapkan di area kantor KJRI,” terang Roffi.

Jumlah WNI yang bakal menyalurkan hak suaranya lewat TPS tersebut sebanyak 5.818 orang. Terdiri, 3.279 laki-laki dan 2.539 perempuan. Sementara WNI yang bakal menyalurkan hak pilihnya lewat Drop Box sebanyak 43.116 orang. Meliputi, 28.049 laki-laki dan 15.067 perempuan.

“Khusus Drop Box, pendistribusiannya sudah dilakukan sejak 1 Juli lalu. Kolekting (Penarikan, Red) akan dilakukan paling lambat tanggal 7 Juli nanti,” jelas Rofii.

Lanjutnya, pendistribusian Drop Box disebar ke 4 lokasi distrik dengan jumlah 32 titik. Petugas PPLN membawa Drop Box ke kantong-kantong tempat dimana WNI bekerja di daratan Tawau, Sabah Malaysia.

“Ini khusus wilayah 4 distrik yang saya jelaskan tadi. Kalau yang di Kota Kinabalu beda lagi,” ujar Rofii.

Pelaksanaan Pilpres di Kota Tawau dilaksanakan sesuai Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hari libur dipilih sebagai hari pencoblosan guna memudahkan WNI menyalurkan hak pilih mereka. Terkait logistik yang diterima PPLN dari KPU tertanggal 21 Juni lalu via Pos, dipastikan diterima dalam keadaan clear tanpa kerusakan berarti.

NUNUKAN - Warga Negara Indonesia (WNI) di Tawau, Sabah, Malaysia bakal menggunakan hak suaranya memilih presiden dan wakil presiden periode 2014-2019,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News