Wonderful Indonesia, Batak Punya Naniura

Wonderful Indonesia, Batak Punya Naniura
Danau Toba di Sumatera Utara. Foto: Sumut Pos/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pernah mendengar makanan ceviche dari Peru yang kondang? Ceviche adalah makanan berbahan ikan yang disajikan tanpa dimasak, tapi cukup direndam air jeruk lemon sehingga dagingnya matang.

Tapi tak usah jauh-jauh ke Peru. Indonesia, tepatnya Sumatera Utara juga punya makanan sejenis ceviche. Namanya nainura.  

Bedanya, ceviche disajikan dengan irisan bawang merah besar di atasnya. Sedangkan naniura yang khas Tano Batak itu disiram dengan bumbu halus berwarna kuning. Tanpa aroma amis sedikit pun.

“Anda pasti penasaran kan? Gimana bau amisnya? Gimana rasanya? You mesti coba!” kata Vita Datau, Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar, di Jakarta.

Naniura adalah salah satu makanan khas Batak Tapanuli Utara yang bisa ditemui di Danau Toba, Medan dan Pematang Siantar. Dahulu kala, naniura hanya dihidangkan untuk raja-raja Batak.

Tapi kini, makanan khas Tapanuli itu sudah bisa dinikmati oleh banyak orang. Bahkan bisa ditemui di restoran tertentu di Sumut.

“Di Balige kita perlu memesannya, karena persiapan dan proses pembuatannya membutuhkan waktu, juga harus dari ikan yang segar,” tambah Vita yang juga Ketua Akademi Gastronomi Indonesia itu.

Proses pembuatannya cukup menarik. Ikan mas mentah yang dalam bahasa aslinya disebut dekke, dibersihkan dulu duri dan lendirnya. Lalu dimatangkan dengan cara merendamnya ke air asam jungga atau yang lebih umum dikenal sebagai jeruk purut.

JAKARTA - Pernah mendengar makanan ceviche dari Peru yang kondang? Ceviche adalah makanan berbahan ikan yang disajikan tanpa dimasak, tapi cukup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News