Wong Kito Ganjar Latih Cara Pembibitan Sawit Unggul untuk Warga Musi Banyuasin

Wong Kito Ganjar Latih Cara Pembibitan Sawit Unggul untuk Warga Musi Banyuasin
Wong Kito Dewe memberikan bantuan bibit unggul kepada sejumlah warga Musi Banyuasin. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, MUSI BANYUASIN - Wong Kito Dewe sebagai sukarelawan Ganjar Pranowo yang berbasis di Sumatera Selatan (Sumsel) terus menebar aksi bermanfaat untuk masyarakat di Bumi Sriwijaya.

Teranyar, mereka mengadakan pelatihan pertanian cara penanaman bibit sawit unggul jenis sriwijaya untuk puluhan warga di Desa Jirak, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel.

Menggandeng salah satu mentor yang telah mengetahui seluk beluk pertanian sawit, para peserta diedukaai bagaimana cara pembibitan sawit yang baik. Mulai dari penempatan bibit, jarak antar bibit, hingga metode pemupukan.

Koordinator Wilayah Wong Kito Dewe Musi Banyuasin, Ahmad Nurhadi mengatakan pelatihan itu bertujuan untuk mendorong warga untuk melihat potensi usaha di bidang pertanian sawit guna meningkatkan taraf ekonomi.

Terlebih para peserta juga diberikan bantuan bibit sawit unggul jenis sriwijaya yang telah teruji bisa menghasilkan panen yang lebih berkualitas. Nurhadi menyebut, keunggulan bibit sriwijaya bahkan telah teruji dalam penelitian.

"Kenapa bibit sriwijaya ini, karena memang telah teruji klinis dari pihak terkait, yaitu dari penelitian sawit di Sembawa, bahwa memang bibit sawit unggul sriwijaya ini jelas sudah teruji laboratorium," ujar Nurhadi dalam siaran persnya, Kamis (21/8).

Sementara itu, salah satu warga yng mengikuti pelatihan ini, Musardani mengatakan pelatihan dari relawan sangat bermanfaat baginya. Pelatihan itu, disebutnya memotivasi dirinya untuk mulai menanam sawit.

"Sangat bermanfaat, sangat bagus sekali. Kami nambah ilmu, jadi bisa cara tanam, cara pupuk. Sangat bermanfaat. Sangat ada inspirasi sekali. Kami jadi tertarik untuk menanam bibit sawit," kata Musardani.

Sukarelawan Wong Kito Ganjar mengadakan pelatihan cara pembibitan sawit unggul bersama warga Musi Banyuasin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News