Woo! Prof Sumiati Berhasil Rekayasa Telur, Kandungan Omega Tiga 10 Kali Lipat

Woo! Prof Sumiati Berhasil Rekayasa Telur, Kandungan Omega Tiga 10 Kali Lipat
Telur. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Profesor Sumiati, Guru Besar Tetap Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB), berhasil merekayasa telur dan daging unggas dengan kandungan omega 3 dan 6 yang besarnya 10 kali lipat dari telur ayam biasa. Telur ini dipercaya mampu mencegah penyakit kardiovaskular dam asma.

Wilda Wijayanti - Bogor

Prof Sumiati menjelaskan, sudah melakukan beberapa rekayasan pangan pada telur dan daging unggas. Telur hasil rekayasannya kata dia, kaya akan omega-3 dan 6.

Caranya dengan memanfaatkan minyak ikan lemuru atau sardinella longiceps sebagai sumber omega-3 sampai 5 persen dalam ransum. Sehingga mampu meningkatkan kandungan asam lemak omega-3 telur itik hingga 78 persen.

"Saat ini pangan fungsional tidak hanya mementingkan tingginya kandungan asam lemak omega-3, namun sudah bergeser pada rasio ideal antara omega-3 dan omega-6. Rasio omega-3 dan omega-6 sebesar 1:4 mampu menurunkan kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 70 persen, sementara rasio sebesar 1:5 sangat baik untuk penderita asthma," jelasnya.

Dikatakannya, desain telur dengan rasio omega-3 dan omega-6 berimbang dapat dilakukan melalui rekayasa pangan menggunakan minyak ikan lemuru dan minyak sawit.

Caranya dengan pemberian pakan yang mengandung rasio omega-3 dan omega-6 sebesar 1:3 dan 1:4 dengan penambahan mineral Zinc 200 ppm sebagai antioksidan. Dengan begitu akan menghasilkan telur itik dengan rasio omega-3 dan omega-6 yang ideal.

"Kemudian ada juga telur rendah kolesterol yang dapat diturunkan melalui rekayasa pangan dengan menggunakan choline chloride, lada hitam, tepung daun katuk, tepung daun Indigofera Zollingeriana dan minyak ikan lemuru dalam pakan," beber dia.

Profesor Sumiati, Guru Besar Tetap Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB), berhasil merekayasa telur dan daging unggas dengan kandungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News