World Bank Kembali Mengucurkan Pembiayaan buat Indonesia, Angkanya Wow!

World Bank Kembali Mengucurkan Pembiayaan buat Indonesia, Angkanya Wow!
Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui dukungan keuangan terbaru kepada Pemerintah Indonesia senilai USD 750 juta pada 17 Juni 2022. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui dukungan keuangan terbaru kepada Pemerintah Indonesia senilai USD 750 juta pada 17 Juni 2022.

Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen membeberkan dukungan tersebut diberikan untuk meningkatkan pendapatan pajak, memperkuat sistem perpajakan menjadi lebih merata, serta memperkuat kelembagaan dalam melakukan perencanaan dan belanja pembangunan yang lebih efisien.

“Pandemi telah mempersempit ruang fiskal untuk belanja pembangunan Indonesia karena pendapatan negara yang rendah,” kata Satu dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (24/6).

Menurut dia, r??????eformasi fiskal akan mendukung pemulihan pasca pandemi di tanah air dengan menciptakan pemasukan yang lebih banyak dan mendukung perbaikan mutu belanja.

Dengan demikian, pembiayaan baru tersebut akan mendukung berbagai reformasi signifikan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan hasil pembangunan.

Di sisi lain, World Bank menilai bisa membantu transisi Indonesia menuju energi rendah karbon dan berkelanjutan.

Adapun pembiayaan baru ini sejalan dengan Country Partnership Framework (CPF) Bank Dunia untuk Indonesia 2021-2025, khususnya tujuan strategis terkait penguatan daya saing dan ketahanan ekonomi serta peningkatan infrastruktur melalui pengenalan pajak karbon.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan sejak 2019, Pemerintah Indonesia telah berfokus pada reformasi pajak dan belanja publik

Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui dukungan keuangan terbaru kepada Pemerintah Indonesia senilai USD 750 juta pada 17 Juni 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News