World Bank Memuji Ekonomi Indonesia, Kata-katanya Bikin Adem

World Bank Memuji Ekonomi Indonesia, Kata-katanya Bikin Adem
Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste memuji kebijakan yang dilakukan Indonesia. Ilustrasi/Foto: ANTARA/REUTERS/Johannes P. Christo

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen memuji kebijakan yang dilakukan Indonesia.

Menurutnya, stimulus ekonomi makro yang dilakukan pemerintah Indonesia telah berhasil memitigasi dampak pandemi Covid-19.

Selama pandemi paket fiskal di tanah air difokuskan untuk mendukung perawatan kesehatan, vaksinasi, dan bantuan sosial bagi mereka yang paling membutuhkan.

"Paket itu diikuti oleh subsidi untuk biaya menahan peningkatan inflasi," ujar Satu dalam acara Peluncuran Laporan "Indonesia Economic Prospects June 2022" yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu (22/6).

Satu juga menilai kebijakan fiskal ekspansif juga dilengkapi dengan kebijakan moneter yang akomodatif sehingga membantu mempercepat kredit ke sektor swasta dan mendukung pemulihan ekonomi.

World Bank menilai Indonesia sejauh ini diuntungkan dari posisi awal ekonomi makro yang stabil pada 2020, yang ditandai dengan tingkat utang yang rendah, cadangan devisa yang memadai, dan stabilitas di sektor keuangan.

Namun, Satu mengingatkan seluruh stimulus tersebut akan makin berkurang ketersediaannya di masa mendatang.

Paslnya, ada peningkatan biaya subsidi dan anggaran fiskal semakin membengkak.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen memuji kebijakan yang dilakukan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News