WOW, Amerika Serikat Sudah Ingatkan Warganya Sebelum Bom Meledak?

WOW, Amerika Serikat Sudah Ingatkan Warganya Sebelum Bom Meledak?
Surat elektronik yang sempat beredar tersebut tertulis waktu pemberitahuan justru pukul 06.51. Padahal kejadian ledakan dan baku tembak adalah sekitar pukul 10.00 pagi. FOTO: ist

jpnn.com - BEREDAR kabar bahwa Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia mengeluarkan surat pemberitahuan darurat yang ditujukan kepada warganya di Jakarta sebelum aksi teror yang terjadi di Sarinah. Berdasarkan surat elektronik pihak AS itu dikeluarkan pukul 06.51, padahal peristiwa teror terjadi sekitar pukul 10.00. 

Tenta saja itu menjadi pertanyaan. Tapi akhirnya pihak Kedutaan Besar AS merilis sebuah siaran pers yang diuanggah di situs resmi akarta.usembassy.gov, Kamis (14/1) sore untuk mencegah informasi yang simpang siur. 

Berikut bunyi siaran pers Klarifikasi Waktu Pemberitahuan Darurat untuk Warga Negara AS di Indonesia:

"Setelah terjadinya serangan keji hari ini di Jakarta, Kedutaan Besar Amerika Serikat mengeluarkan dua Pemberitahuan Darurat untuk warga negara Amerika Serikat yang tinggal di Indonesia.

Pemberitahuan Darurat tersebut dikirim melalui email, dari jaringan tanggap darurat yang menggunakan cap waktu (time stamp) “Greenwich Mean Time (GMT) + 7.”

Email-email tersebut, yang dikirim pada 11.44 Wib dan 12.36 Wib ditujukan kepada warga negara Amerika yang terdaftar dalam jaringan tanggap darurat. 

Tujuannya adalah untuk memberikan mereka informasi mengenai perkembangan terkini dan informasi penting yang menyangkut keselamatan warga AS di luar negeri.

Informasi yang terdapat dalam email-email tersebut juga telah diunggah ke situs web resmi Kedubes AS pada 12:16 WIB dan 13:04 WIB.

BEREDAR kabar bahwa Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia mengeluarkan surat pemberitahuan darurat yang ditujukan kepada warganya di Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News