Wow! Jamaah Ini Baru Salat Id Minggu Kemarin

Wow! Jamaah Ini Baru Salat Id Minggu Kemarin
Jamaah Islam Aboge merayakan Idul Fitri Minggu (19/7) atau dua hari lebih lambat daripada umat Islam lainnya. Foto: Ridhowati Saputri/Jawa Pos Radar Bromo

jpnn.com - PROBOLINGGO – Jamaah Islam Alif Rabu Wage (Aboge) yang berbasis di Desa/Kecamatan Leces, Probolinggo, Jatim, baru menggelar hari raya pada Minggu (19/7).

Kemarin pagi, jamaah Aboge yang beranggota puluhan orang menggelar salat Id di salah satu musala di desa setempat. Ibadah yang dimulai sekitar pukul 06.30 itu diikuti puluhan jamaah laki-laki dan perempuan, termasuk anak-anak.

Di antara mereka, tampak Mahmud Sugianto. Lelaki yang tiba di musala selepas subuh itu mengungkapkan, kendati Lebaran Aboge berbeda dengan mayoritas umat Islam, hal itu tidak pernah menjadi soal.

’’Meski berbeda shalat Id-nya dengan warga lain, tidak ada persoalan. Kami saling menghormati saja,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Buri Bariyah, pemimpin jamaah Islam Aboge, menjelaskan, penetapan Minggu sebagai 1 Syawal 1436 Hijriyah tak lepas dari perhitungan yang telah ditetapkan kelompoknya.

’’Kami berpatokan pada 1 Muharam. Waldjiro, Syawal Siji Loro, itu penetapannya. Karena 1 Muharam jatuh pada Minggu, 1 Syawal juga Minggu,’’ ujarnya mencoba memberikan penjelasan. Perhitungan itu, lanjut dia, berlaku sejak berpuluh-puluh tahun.

Berdasar pantauan koran ini, selepas salat, jamaah tidak lantas pulang ke rumah masing-masing. Bersama-sama dengan jamaah lain, mereka menikmati makan bersama di halaman musala. ’’Warga membawa sendiri berkatan dan dimakan bersama-sama,’’ jelas Mahmud.

Bukan hanya tradisi makan bersama yang dilakukan jamaah. Guna memeriahkan Lebaran, mereka juga menyalakan petasan. Petasan renteng sepanjang 1,5 meter itu digantung di salah satu pohon dan dinyalakan bersama-sama.

PROBOLINGGO – Jamaah Islam Alif Rabu Wage (Aboge) yang berbasis di Desa/Kecamatan Leces, Probolinggo, Jatim, baru menggelar hari raya pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News