Wow! Makam Palsu Sudah Tembus 522 Titik

Wow! Makam Palsu Sudah Tembus 522 Titik
Pembongkaran makam fiktif. Foto: Indopos/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Makam fiktif yang ditemukan di Jakarta lumayan banyak, yakni 522 titik. Makam-makam fiktif itu sengaja dibuat oleh oknum untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

”Makam fiktif bukti pengawasan yang lemah dari instansi terkait,” ujar Maman Firmansyah, anggota DPRD DKI Jakarta, kemarin (19/8). 

Maman mendesak, instansi terkait lebih ketat lagi dalam mengawasi. ”Kalau tidak mampu sebaiknya segera diganti pimpinannya,” kata dia.

Kadis Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Djafar Muchlisin, mengakui penemuan makam fiktif di Jakarta semakin bertambah jumlahnya. Hingga saat ini sudah ditemukan 522 makam fiktif yang tersebar di Ibu Kota.

”Data terbaru ada 522 makam fiktif yang sudah kami temukan, dan kemungkinan jumlahnya terus bertambah," ujarnya. Ia merinci sebanyak 522 makam fiktif itu tersebar di 16 TPU yang ada di Jakarta. Djafar mengkalim pihaknya hingga kini sudah melakukan pembongkaran 338 makam fiktif tersebut.

”Di Jakarta ini ada 76 TPU, dan di 16 TPU terdapat makam fiktif. Paling banyak terdapat di TPU Tegal Alur,” ucapnya. Jajarannya akan terus melakukan penyelidikan guna membongkar kasus itu. 

Hal ini dilakukan agar masyarakat tak khawatir kesulitan untuk mencari tempat pemakaman di Jakarta.

”Banyak warga yang resah dengan banyaknya makam fiktif. Mereka kesulitan karena lahan makam yang terbatas,” tandasnya. 

JAKARTA - Makam fiktif yang ditemukan di Jakarta lumayan banyak, yakni 522 titik. Makam-makam fiktif itu sengaja dibuat oleh oknum untuk mendapatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News