Wow, Negara Ini Nyatakan Wabah Virus Corona Telah Berakhir

Wow, Negara Ini Nyatakan Wabah Virus Corona Telah Berakhir
Ilustrasi virus corona baru COVID-19. Foto: pixabay

jpnn.com, LJUBLJANA - Pemerintah Slovenia resmi menyatakan bahwa wabah virus corona di negara itu telah berakhir, menjadikannya negara Eropa pertama yang membuat pernyataan tersebut.

Selama dua pekan terakhir, jumlah kasus baru di negara pecahan Yugoslavia itu selalu kurang dari tujuh per hari. Fakta ini yang memberanikan pemerintah mengakhiri berbagai pembatasan yang diterapkan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Sejauh ini Slovenia telah melaporkan 1.464 kasus virus corona dan 103 kematian. Kasus pertama di negara dengan populasi 2 juta jiwa itu ditemukan pada 12 Maret lalu.

"Slovenia telah berhasil menjinakkan epidemi dalam waktu dua bulan. Hari ini Slovenia memiliki gambaran epidemiologi terbaik di Eropa," ujar Perdana Menteri Janez Jansa di hadapan parlemen, Kamis (14/5).

Dengan berakhirnya epidemi, pendatang dari negara Uni Eropa tidak perlu lagi menjalani karantina. Namun, aturan karantina tetap berlaku bagi mereka yang datang dari luar Uni Eropa.

Warga negara asing yang menunjukkan tanda-tanda infeksi virus corona tetap dilarang masuk ke negara tersebut. Beberapa peraturan dasar pun masih berlaku bagi warga setempat. (reuters/dil/jpnn)

Saat yang lain masih berhati-hati melonggarkan pembatasan, negara ini sudah mendeklarasikan kemenangan atas wabah virus corona


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News