Wow! Sang Ratu Diminta tak Balik lagi ke Istana

Wow! Sang Ratu Diminta tak Balik lagi ke Istana
DARI ABAD KE-18: Warga berkerumun di depan Buckingham Palace menonton Red Arrows beraksi di angkasa pada 13 Juni lalu. Istana di London itu butuh perbaikan karena tidak pernah direhab sejak 1952. (AP Photo)

jpnn.com - LONDON – Buckingham Palace bakal direnovasi besar-besaran. Dampaknya, Ratu Elizabeth II dalam waktu dekat harus keluar dari istana di pusat Kota London tersebut

Anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan itu mencapai GBP 150 juta (sekitar Rp 3,1 triliun) yang tentu saja diambilkan dari pajak.

’’Selama beberapa tahun mendatang, pemeliharaan gedung, khususnya Istana Buckingham, menjadi tantangan keuangan yang signifikan,’’ ujar Alan Reid, bendahara Ratu Elizabeth II.

Istana dengan luas 77 ribu meter persegi itu sama sekali tidak pernah ditata ulang dan direnovasi besar-besaran sejak 1952. Di istana yang sudah berusia 18 abad tersebut, banyak asbes yang harus segera diganti.

Penggunaan asbes dalam jumlah besar bisa mengganggu pernapasan. Selain itu, banyak peralatan yang sudah usang. Misalnya, pemanas yang telah berusia 60 tahun lebih dan memakan banyak energi.

’’Salah satu opsinya adalah istana harus dikosongkan,’’ ujar seorang sumber di dalam istana terkait renovasi itu. Pilihan lainnya adalah mengerjakan renovasi per bagian, tidak menyeluruh. Dengan demikian, keluarga kerajaan masih bisa tinggal di area yang tidak direnovasi. Rencananya pihak istana menyewa ahli dari luar untuk menilai skenario yang terbaik.

Dickie Arbiter, mantan sekretaris pers kerajaan, membenarkan bahwa dibutuhkan banyak biaya untuk perbaikan Istana Buckingham. Ada 775 kamar yang tidak pernah diperbarui sejak enam dekade silam.

Beberapa tamu bahkan melihat bekas rembesan air hujan di dekat lukisan-lukisan mahal yang ada di dalam istana. Dia juga mengungkapkan bahwa keluarga kerajaan sangat mungkin akan direlokasi ke Kastil Windsor.

LONDON – Buckingham Palace bakal direnovasi besar-besaran. Dampaknya, Ratu Elizabeth II dalam waktu dekat harus keluar dari istana di pusat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News