Wow, Sehari Bisa Sebegini Hasil Berjualan Es Degan saat Ramadan

Wow, Sehari Bisa Sebegini Hasil Berjualan Es Degan saat Ramadan
Foto: Radar Banyumas/JPG

jpnn.com - BANYUMAS - Sejak awal Ramadan lalu, penjual es kelapa muda dadakan bermunculan di Jalan Gatot Subroto, Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Ternyata, penghasilan dari berjualan kelapa muda memang lumayan.

Dalam waktu tiga jam saja, seorang penjual es kelapa muda atau es degan bisa meraup uang antara Rp 500 ribu hingga Rp 900 ribu. Salah seorang penjual es degan, Agus (28) mengatakan, dalam sehari ia bisa menjual 80-115 butir kelapa muda.

Paling sepi, omzet dari berjualan es degan bisa Rp 500 ribu. Tapi Agus pernah mencapai omzet Rp 800 ribu hanya dalam hitungan jam.  “Ramainya jam setengah lima sampai jam setengah enam,” ujarnya seperti dikutip Radar Banyumas (Jawa Pos Group).

Menurutnya, pembeli lebih suka kelapa muda utuh daripada yang sudah dimasukkan ke dalam gelas.  Pembeli bukan hanya warga setempat, tapi juga pengendara yang melintas karena hendak menuju kota lain.

Agus pun tak perlu susah-susah memanjat kelapa. Sebab, sudah ada pemasoknya. “Kabarnya ngambil dari lereng Gunung Slamet,” ujarnya.

Pedagang lain, Kuncoro mengatakan, kondisi cuaca sangat berpengaruh pada omzet penjualan kelapa muda. Saat cuaca panas, dia mampu menjual kelapa muda hingga 150 butir.

Sedangkan saat hujan, dia hanya bisa menjual 70 hingga 80 butir kelapa muda.  “Keuntungannya lumayan, apalagi kalau cuacanya panas. Omzet berjualan sore hari bisa mencapai Rp 900 ribu,” imbuhnya.(wah/jpg/ara/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News