Wujudkan Peta Kota dan Kelurahan Lengkap, Kementerian ATR/BPN Gunakan Strategi Ini

Wujudkan Peta Kota dan Kelurahan Lengkap, Kementerian ATR/BPN Gunakan Strategi Ini
Plt. Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang (Dirjen SPPR) Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya. Foto: Humas Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berkomitmen mewujudkan peta kota dan kelurahan secara lengkap di seluruh Indonesia pada 2025.

Hal tersebut disampaikan Plt. Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang (Dirjen SPPR) Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya.

Beberapa strategi akan diterapkan untuk mewujudkan target tersebut, antara lain melakukan kampanye PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) dengan komunikasi publik.

Selain itu, ada juga kegiatan pembuatan peta kerja partisipatif, pemasangan tanda batas, dan insentif atau disinsentif.

"Kemudian pelaksanaan fit for purpose dengan pembuatan peta dasar menggunakan drone, identifikasi bidang tanah atau pengukuran mengikat pada peta dasar," ujar Virgo dalam siaran pers pada Kamis (24/3).

Strategi berikutnya adalah pengukuran dan pemetaan komprehensif dengan mengukur pada semua bidang tanah, baik yang sudah terdaftar maupun yang belum.

Menurut Virgo, salah satu kunci keberhasilan PTSL terdapat pada pengukuran dan pemetaannya.

"Jika dalam pelaksanaan proses pengukuran dan pemetaan berjalan dengan baik, maka akan memenuhi kuantitas dan menjaga kualitas data yang akurat," tutur Virgo. (mcr18/fat/jpnn)

Kementerian ATR/BPN berkomitmen mewujudkan peta kota dan kelurahan secara lengkap di seluruh Indonesia pada 2025.


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mercurius Thomos Mone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News