XL Axiata Alokasikan Dividen 35 persen

XL Axiata Alokasikan Dividen 35 persen
XL Axiata Alokasikan Dividen 35 persen
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (EXCL) berencana mengalokasikan dividen 35 persen dari laba bersih. Keputusan itu lebih tinggi dari edisi sebelumnya. Rencana pemberian lebih besar itu merupakan komitmen manajemen kepada para pemegang saham. ”Rencananya kami mengajukan dividen sebesar itu untuk kepentingan pemegang saham,” tandas Husnul Suhaimi, Presiden Direktur XL Axiata, di Jakarta, Jumat (27/1).

Hasnul menyebut pengajuan pemberian dividen itu akan dibayarkan pada 2012. Pencairan itu akan dilakukan setelah mengantongi restu para pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) mendatang. ”Mudah-mudahan lancar dan tidak ada bantahan dari pemegang saham atas usul tersebut,” harap Hasnul.

Kebijakan dividen itu tidak lepas dari kinerja perseroan sepanjang 2011 yang tergolong muncer. Ini karena sepanjang 2011, laba manajemen sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) meningkat sebesar 1 persen atau senilai Rp 9,3 triliun. Dengan marjin sebesar 49 persen, perseroan merogoh laba bersih 2011 senilai Rp 2,8 triliun.

Sementara pendapatan perseroan melonjak sebesar 7 persen menjadi Rp 18,92 triliun. Pendapatan itu ditopang pertumbuhan layanan data sebesar 61 persen. Sedang pendapatan layanan value added service (VAS) 75 persen pada kuartal empat 2011. Penurunan itu akibat terbitnya surat edaran atau instruksi pemerintah melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengenai layanan Jasa Pesan Premium.

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (EXCL) berencana mengalokasikan dividen 35 persen dari laba bersih. Keputusan itu lebih tinggi dari edisi sebelumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News