Yakin Akuisisi Tak Akan Ganggu Kesejahteraan Karyawan BTN

Yakin Akuisisi Tak Akan Ganggu Kesejahteraan Karyawan BTN
Yakin Akuisisi Tak Akan Ganggu Kesejahteraan Karyawan BTN

jpnn.com - JAKARTA – Sejumlah pengamat ekonomi menilai rencana PT Bank Mandiri Tbk mengakuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk akan membawa dampak positif bagi kedua bank milik pemerintah tersebut. Akuisisi itu  juga diyakini tidak akan mempengaruhi kesejahteraan karyawan di kedua bank BUMN itu.

Pengamat ekonomi Fauzi Ichsan mengatakan, aksi korporasi Bank Mandiri itu tidak akan berdampak negatif pada BTN. “Khususnya bagi BTN, jika akuisisi ini berlangsung kesejahteraan karyawan BTN juga masih akan sama dan tidak berubah,” katanya kepada wartawan, Selasa (22/4).

Terpisah, pengamat perbankan Edwin Sinaga mengatakan, aksi korporasi tersebut merupakan langkah pemerintah dalam membentuk sebuah induk usaha bank BUMN yang cukup besar. Menurutnya, Bank Mandiri bisa masuk ke sektor kredit pemilikan rumah (KPR) yang selama ini menjadi garapan BTN.

Di sisi lain, BTN juga dapat memperluas pasar. “Sinergi ini bagus sekali. Bank Mandiri yang tadinya bank korporat bisa masuk ke KPR, sedangkan BTN bisa memperluas pasar perumahannya,” ulasnya.

Edwin menambahkan, BTN sebenarnya termasuk bank yang sehat. Meski demikian, katanya, akuisisi tetap diperlukan karena dalam masa-masa mendatang bank yang fokus pada segmen kredit perumahan perlu mencari tambahan modal yang cukup banyak.

“Secara bisnis ini (akuisisi) harusnya baik. Pilihannya antara dibeli BRI atau Mandiri. Tapi akhirnya pilihan jatuh ke Bank Mandiri ini baik supaya size BTN jadi lebih besar. Kalau BTN jalan sendiri, dia harus cari tambahan modal nanti pemerintah malah kesulitan,” jelasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA – Sejumlah pengamat ekonomi menilai rencana PT Bank Mandiri Tbk mengakuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk akan membawa dampak positif


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News