Yani Sakit tak Ada Dokter, Ridwan Kamil Menitikkan Air Mata

Yani Sakit tak Ada Dokter, Ridwan Kamil Menitikkan Air Mata
Gajah di Kebun Binatang Bandung sakit. Foto: ADE BAYU INDRA/PR

jpnn.com - YANI, seekor Gajah Sumatra (Elephas Maximus Sumatrensis)  di Kebun Binatang (Bonbin) Bandung, kondisinya sungguh menyedihkan. Gajah berusia 37 tahun itu terbaring sakit, Rabu (11/5). 

Yani hanya dirawat seadanya oleh pihak pengelola kebun binatang. Ternyata, bonbin di kota kembang ini memang sedang tidak punya dokter hewan. Sehingga, ketika Yani sakit, tidak ada dokter hewan yang mengobati.

Kondisi Kebun Binatang  yang terletak di kawasan Jalan Taman Sari, dekat Kampus ITB itu, belakangan memang mengkhawatirkan. Ya itu tadi, gara-garanya tidak punya dokter hewan.

“Pertama bahwa dalam kondisi seperti ini memang kami akui, kurang lebih hampir satu tahun dokter tetap ini mengundurkan diri. Kami tidak bisa memaksa untuk menahan mereka. Hak mereka kan?” ujar Humas Bonbin Bandung, Sudaryo, kepada wartawan, Rabu (11/5).

Sudaryo mengatakan, tidak mudah mencari dokter hewan sekarang. Karena, hewan yang dihadapi adalah hewan liar.

Berdasarkan informasi dari persatuan dokter hewan, Sudaryo mengatakan, tidak boleh sembarang dokter menangani hewan liar. 

“Kami bukan tidak mencari dokter hewan, tapi memang sekarang sulit mencari dokter hewan,” terangnya. 

Terhadap banyaknya keluhan masyarakat yang memprotes keadaan bonbin sekarang, Sudaryo tidak menyangkal kondisi tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News