Yasonna Tunjuk Pejabat Baru untuk Sikat Pungli di Sialang Bungkuk

Yasonna Tunjuk Pejabat Baru untuk Sikat Pungli di Sialang Bungkuk
Menkumham Yasonna H Laoly saat melantik Dewa Putu Gede sebagai kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Riau di Jakarta, Senin (8/5). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menunjuk pejabat baru untuk menempati posisi kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kumham Provinsi Riau. Namanya Dewa Putu Gede.

Yasonna melantik Gede sebagai Kakanwil Kumham Riau untuk menggantikan Ferdinand Siagian. Kebijakan itu sebagai buntut dari kaburnya 448 narapindana dan tahanan dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5).

"Pelantikan kali ini bukan sekedar perputaran biasa, terus terang saya nyatakan pelantikan ini dalam upaya menyelamatkan Kementerian Hukum dan HAM," ujar Yasonna saat menyampaikan arahan pada pelantikan atas Gede di kantor Kemenkumham Jalan Rasuna Said Jakarta, Senin (8/5).

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan, pesannya berlaku kepada seluruh jajarannya. Bila ada pegawai Kemenkumham yang tidak bekerja secara profesional dan bertanggung jawab, maka atasannya hingga dua tingkat di atasnya bakal ikut ditindak.

"Ini penting dalam rangka upaya kita melakukan yang terbaik. Kita mengetahui beberapa kejadian di Lapas adalah kejadian yang sangat keji, terakhir di Rutan Pekanbaru," tegas Yasonna.

Dia marah karena kampanye Kemenkumham untuk mewujudkan area bebas pungli ternyata hanya isapan jempol. Sebab, faktanya masih banyak pungli hingga pemerasan di lapas dan rutan.

"Faktanya masih banyak pungli yang belum terdeteksi dan perubahan mine set belum berjalan. Untuk itu, saudara kanwil yang  baru harus bekerja, ditunjuk untuk menyelesaikan persoalan di sana," ujar mantan anggota DPR itu.

Karenanya, Yasonna memberi kewenangan ke Gede untuk mengambil tindakan tegas dan keras guna membersihkan praktik pungli di lapas dan rutan di Riau. Tugas lain yang juga harus ditunaikan Gede adalah soal rutan kelebihan muatan.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menunjuk pejabat baru untuk menempati posisi kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kumham

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News