Yaya Toure Tipu Pengusaha Arab Bermodus Investasi Properti

Yaya Toure Tipu Pengusaha Arab Bermodus Investasi Properti
Yaya Toure Tipu Pengusaha Arab Bermodus Investasi Properti

jpnn.com - JAKARTA - Tim Sub Direktorat Kejahatan dan Kekerasan Dit Reserse Kriminal Umum Kepolisan Daerah Metropolitan Jakarta Raya, terus membongkar aksi penipuan dengan pelaku warga negara asing. 

Kali ini modusnya membuka bisnis properti. Korbannya adalah Al Rosays Saud Saad'i, pengusaha asal Arab Saudi. Dua pelakunya telah diamankan. Salah satunya adalah Yaya Toure. Tapi tunggu dulu, yang ini bukan pesepak bola yang terkenal itu. 

Penjahat yang satu ini bernama lengkap Yaya Toure Qusmane alias Abdul Rahman, WN Partai Gading (bukan Yaya Toure pemain sepakbola), dan Dolo Guideirere alias Musa, WN Mali. 

"Tersangka ditangkap Rabu 9 September 2015 sekitar pukul 10.30 di Hotel Peninsula, Jakarta Barat," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Khrisna Murti didampingi Kasubdit Jatanras Ditkrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan, Minggu (13/9).

Modus operandinya, pelaku berkenalan dengan korban di Apartemen Batavia, Benhill, Jakarta Pusat, Oktober 2014. Korban diperkenalkan oleh rekannya, Mr Anwar. Anwar mengenali Yaya Toure dari rekannya, Abdullah. Sedangkan Abdullah mengenal Toure dari rekannya, Yakub.

Pada 11 Agustus, korban bersama Mr Anwar datang ke Indonesia untuk bertemu Yaya Toure. Kemudian, pada 19 Agustus digelar pertemuan di Peninsula. Hadir Mr Saad, Mr Anwar, Yaya Toure, Musa, Fahmi dan seorang lagi yang tak dikenal korban.

Lalu korban mengeluarkan USD 25 ribu atau setara Rp 350 juta. Uang itu untuk menyelesaikan akta pembuatan PT Elite Company for Investment Real Estate melalui Yaya Toure. Kepengurusannya diserahkan kepada Fahmi dan dijanjikan selesai 40 hari. 

Fahmi kemudian menyuruh korban buka rekening di Indonesia senilai USD 10 ribu atau sekitar Rp 141 juta pada 9 September 2015. Korban bertemu Fahmi di BRI cabang Kuningan, Jaksel. Lantas korban menyerahkan kepada Toure.

JAKARTA - Tim Sub Direktorat Kejahatan dan Kekerasan Dit Reserse Kriminal Umum Kepolisan Daerah Metropolitan Jakarta Raya, terus membongkar aksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News