Yayasan Indonesia Setara Bawa Produk UMKM Masuk Pasar Halal Terbesar Dunia di MIHAS

Yayasan Indonesia Setara Bawa Produk UMKM Masuk Pasar Halal Terbesar Dunia di MIHAS
Produk UMKM lokal Indonesia hadir dalam pasar halal terbesar di Malaysia. Dok: Source for JPNN.

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Yayasan Indonesia Setara didukung oleh Rumah Siap Kerja (RSK) serta berkolaborasi dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mendorong pengembangan industri halal di Indonesia secara berkelanjutan.

Salah satu langkah nyata dengan mempromosikan produk UMKM Indonesia masuk dalam pasar halal internasional terbesar dunia di pameran Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 2023.

Pameran ini digelar pada 12-15 September 2023 di Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC), Kuala Lumpur, Malaysia. MIHAS merupakan pameran tahunan produk halal terbesar di Malaysia yang memasuki penyelenggaraannya ke-19.

Project Manager Halal Indonesia International Tread Show (HIITS), Agung mengatakan dengan event ini potensi produk halal dapat mempromosikan branding Indonesia di pasar internasional yang akan menjadi pembuka jalan baru untuk pertumbuhan dan kemakmuran bagi pelaku UMKM. Hal ini juga dapat memperkuat posisi produk halal Indonesia di tingkat global.

"Kami berkolaborasi dengan Malaysia International Halal Showcase salah satu barometer halal expo atau halal showcase di Internasional. Kita mengambil bagian dan mencari manfaat juga dari event ini," kata Agung dalam siaran persnya, Senin (18/9).

Berdasarkan riset Global Islamic Economy Indicator 2022 oleh Dinar Standard, saat ini Indonesia menempati urutan ke-2 untuk makanan halal, peringkat ke-3 untuk fesyen muslim, dan peringkat ke-6 untuk keuangan syariah.

Namun sebagian besar pelaku UMKM lokal masih memiliki keterbatasan akses informasi dalam memasarkan produknya.

Dengan mengikuti pameran Malaysia International Halal Showcase 2023 ini para pelaku UMKM diharapkan dapat menjadi gerbang untuk mengakses pasar internasional. Di sinilah peran HIITS, MES, dan Yayasan Indonesia Setara yang menjadi jembatan antara pelaku UMKM dengan pasar.

Yayasan Indonesia Setara membawa produk UMKM lokal masuk ke pasar halal terbesar dunia di Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News