JPNN.com

Yesss…. Bobot Bocah Tergemuk di Dunia Asal Karawang Berkurang

Kamis, 14 Juli 2016 – 08:21 WIB Yesss…. Bobot Bocah Tergemuk di Dunia Asal Karawang Berkurang - JPNN.com

BANDUNG - Berat badan bocah tergemuk di dunia asal Karawang, Arya Permana, 10, sedikit demi sedikit menyusut. Setelah ditangani di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, bobot anak penderita obesitas ekstrem asal Kabupaten Karawang itu berkurang 3 kilogram. 

Dari berat awal tercatat 190,5 kilogram kemarin menjadi 187,5 kilogram.

Ketua tim dokter penanganan Arya, dr Julistio T.B. Djais SpA(K) MKes menyatakan, setelah menghitung dan mengatur asupan energi pada makanan Arya, dalam waktu sehari saja berat badan Arya turun hingga 3 kilogram. 

Hal itu, kata dia, tidak lepas dari sikap Arya yang bisa menerima menu diet rendah kalori dari dokter. Sebab, lanjut Julistio, jika Arya menjalankannya dengan baik, bobot tubuhnya bisa turun, bahkan kembali normal.

''Saat ini Arya tidak pernah mengeluh kelaparan dan meminta makanan. Kalau ini bisa berjalan terus, dalam waktu sebulan beratnya bisa turun 10-15 kilogram,'' kata Julistio kepada Jabar Ekspres (Jawa Pos Group) di RSHS Bandung kemarin (13/7).

Dia mengungkapkan, idealnya anak seusia Arya hanya berbobot 40-45 kilogram. Namun, Arya berbobot hingga empat kali lipat berat badan anak seusianya.

Menurut dia, pihak rumah sakit tidak mungkin akan merawat Arya hingga kembali normal. Namun, yang terpenting adalah mengajari orang tuanya agar bisa terus menarapkan program diet Arya di rumah.

''Jangan sampai seperti kemarin. Setelah pulang dari RS di Karawang, bukannya berkurang malah bertambah gemuk,'' jelas Julistio.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...