Yoga dapat Kurangi Stres dan Menguatkan Otak

Yoga dapat Kurangi Stres dan Menguatkan Otak
Yoga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kekuatan otak. Foto: istimewa

jpnn.com - YOGA adalah salah satu meditasi yang berasal dari India. Yoga berpusat pada ketenangan pikiran sehingga dapat dijadikan semacam terapi mental bagi yang menjalankannya.

Selain dapat memberikan ketenangan mental, ternyata efek positif yang didapatkan dari yoga juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti dapat meningkatkan kekuatan otak anda, terutama jika anda berlatih yoga Hatha tiga seminggu.

Yoga Hatha adalah praktek spiritual kuno yang melibatkan meditasi dan fokus pada pernapasan. "Yoga Hatha membutuhkan konsentrasi dalam bergerak melalui pose, mengendalikan tubuh dan pernapasan pada tingkat yang stabil, " kata peneliti, Neha Gothe, seperti dilansir laman Daily Mail, Jumat (7/11).

"Studi sebelumnya telah menemukan bahwa yoga dapat memiliki efek psikologis yang positif langsung dengan mengurangi kecemasan, depresi dan stres," kata Gothe lebih lanjut.

Studi ini menunjukkan bahwa yoga memiliki efek menenangkan langsung pada sistem saraf simpatik dan respon tubuh terhadap stres. Karena kita tahu bahwa stres dan kecemasan dapat mempengaruhi kinerja kognitif, melakukan yoga secara intensif selama delapan minggu dapat mengurangi stres seseorang. (fny/jpnn)


YOGA adalah salah satu meditasi yang berasal dari India. Yoga berpusat pada ketenangan pikiran sehingga dapat dijadikan semacam terapi mental bagi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News