Yoga Hanya Bantu Wanita Menopouse Atasi Insomnia

Yoga Hanya Bantu Wanita Menopouse Atasi Insomnia
Yoga Hanya Bantu Wanita Menopouse Atasi Insomnia

jpnn.com - NEWYORK--Sebuah kajian yang dilakukan Group Health di Seattle Amerika menemukan bahwa melakukan yoga ternyata dapat mengurangi insomnia yang dirasakan banyak perempuan yang memasuki fase menopause.

Temuan ini merupakan bagian dari uji coba yang disebut "Menopause Strategy" dan mencari jawaban atas gejala kesehatan akibat menopouse yang mendera wanita, untuk mencari alternatif bagi terapi hormon tambahan.

Terapi pengganti hormon atau HRT, saat ini merupakan satu-satunya pengobatan yang disetujui untuk meredakan gejala menopause. Namun peneliti Katherine Newton dari Group Health di Seattle, Washington mencatat hanya sedikit perempuan yang memilih melakukan HRT. Jadi, para peneliti sedang mencari alternatif yang sehat untuk mengurangi keluhan menopause.

"Latihan relaksasi dengan yoga itu tidak secara signifikan mengurangi ruam dan keringat pada malam hari, dua keluhan umum lainnya yang dialami perempuan pada akhir masa subur. Namun mampu mengurangi imsomnia," ujar Katherine Newton, seperti dilansir voanews (27/9).

Percobaan yang dilakukannya merekrut hampir 250 perempuan sehat, yang sebelumnya jarang berolahraga. Hal ini untuk mempelajari apakah yoga dan pendekatan alami lainnya bisa membantu mengurangi keluhan menopause. Selain yoga, peneliti juga membandingkan latihan aerobik moderat dan potensi manfaat dari suplemen minyak ikan.

Yoga dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik dan kurangnya depresi, tetapi tidak ada perbaikan signifikan secara statistik dalam gejala ruam dan keringat pada malam hari di kalangan perempuan dalam kelompok yoga itu.

Sebagai perbandingan, latihan aerobik moderat sedikit meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi depresi. Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan tidak terkait dengan pengurangan gejala menopause.

Sebelumnya, Journal Psychology & Health melansir, olahraga juga dapat meningkatkan mood ibu hamil, salah satunya dengan yoga. Yoga diklaim dapat membantu ibu hamil mencapai tingkat kebugarannya, dan membantu selama kehamilan, persalinan, dan periode postpartum.

NEWYORK--Sebuah kajian yang dilakukan Group Health di Seattle Amerika menemukan bahwa melakukan yoga ternyata dapat mengurangi insomnia yang dirasakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News