YPP Indosiar-SCTV dan ATVI Gelar Literasi Media Bagi Pelajar SDN 09 Manggarai Selatan

YPP Indosiar-SCTV dan ATVI Gelar Literasi Media Bagi Pelajar SDN 09 Manggarai Selatan
Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Indosiar-SCTV bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Televisi Indonesia (LPPM-ATVI) kembali menggelar literasi media di SDN 09, Manggarai Selatan, Kamis (27/7/2023). Foto: Dok. LPPM ATVI

jpnn.com, JAKARTA - Makin tingginya penggunaan media sosial di kalangan pelajar, khususnya siswa Sekolah Dasar (SD) perlu diikuti dengan bimbingan, arahan, dan pembatasan sesuai umur siswa, sehingga mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan.

Terkait dengan itu, Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Indosiar-SCTV bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Televisi Indonesia (LPPM-ATVI) kembali menggelar literasi media di SDN 09, Manggarai Selatan, Kamis (27/7/2023).

Dalam program pengabdian masyarakat yang diikuti sekitar 750 siswa yang dibagi dalam dua kelompok ini, selain dosen dan awak media Indosiar-SCTV, juga melibatkan tiga mahasiswa untuk membantu kelancaran acara.

Kepala Sekolah, guru-guru, dan petugas sekolah juga ikut andil dalam pelaksanaan program literasi media yang mendapat antusiasme dari para pelajar dan guru-guru SDN 09 Manggarai Selatan itu.

YPP Indosiar-SCTV juga membawa ‘Mobil Pintar’ yang fungsinya seperti perpustakaan berjalan sehingga dalam proses pelaksanaan literasi media ini, dua kelompok siswa bergantian, ada yang di aula dan kelompok lain membaca koleksi buku yang ada di ‘mobil pintar’ itu di halaman sekolah yang luas.

Pola pemberian literasi media ini menggunakan perangkat pendukung audio visual yang berisi konten foto, gambar, tulisan, dan  agu yang dekat dengan anak-anak.

Oleh karena itu, para dosen ATVI yang memberikan materi, lebih mudah, dan anak-akak pun semangat mengikuti. Bahkan setiap ditampilkan foto-foto seperti foto artis, foto animasi film yang familiar dengan mereka, serentak anak-anak berdiri dan berteriak histeris saking senengnya.

Sesekali para dosen dan dibantu guru-guru menenangkan sambil meminta anak-anak duduk kembali di tempatnya.

Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Indosiar-SCTV bersama LPPM ATVI kembali menggelar literasi media SDN 09, Manggarai Selatan, Kamis (27/7/2023).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News