Selasa, 23 Oktober 2018 – 18:30 WIB

Yuk Cegah Diabetes dengan Konsumsi 6 Makanan ini

Sabtu, 29 September 2018 – 10:54 WIB
Yuk Cegah Diabetes dengan Konsumsi 6 Makanan ini - JPNN.COM

Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Diabetes mellitus, atau kencing manis adalah penyakit yang kian menjadi momok banyak masyarakat. Bagaimana tidak, diabetes merupakan penyakit yang gejala awalnya sering kali tidak disadari, sehingga ketika terdeteksi sudah terlanjur terjadi komplikasi. 

Namun, jangan khawatir karena penyakit diabetes bisa dicegah, salah satunya dengan konsumsi makanan yang kaya serat.

Sebetulnya gejala diabetes tidaklah berbahaya, seperti sering merasa haus, sering buang kecil, sering buang air kecil, dan cepat merasa lelah. 

Namun, berbagai komplikasi diabetes itu yang berbahaya. Tak hanya bisa mengancam jiwa, komplikasi seperti kebutaan, gagal ginjal, kaki diabetes, jantung, dan stroke merupakan penyakit yang memerlukan biaya yang tidak sedikit dalam penanganannya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa 60 persen penyebab kematian pada semua kelompok usia di seluruh dunia adalah akibat penyakit tidak menular, yang salah satunya adalah diabetes.

Diabetes menduduki peringkat ke-6 sebagai penyebab kematian terbanyak di dunia. Indonesia adalah negara ke-7 yang memiliki angka diabetes tertinggi di dunia setelah Cina, India, Amerika, Brasil, Rusia, dan Meksiko. Kementerian Kesehatan RI memperkirakan jumlah penyandang diabetes akan meningkat hingga lebih dari 21 juta orang pada tahun 2030 nanti.

Lakukan pencegahan

Melihat betapa banyak dan mengerikannya akibat dan komplikasi dari diabetes, sudah seyogyanya Anda mulai menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit ini di masa mendatang. Jika Anda sudah terkena diabetes, jangan berkecil hati, tak ada kata terlambat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan tidak memunculkan komplikasi.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar