Makan Kenari Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Makan Kenari Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Diabetes
Kacang kenari. Foto: Aharas

jpnn.com - Makan segenggam kenari setiap hari mungkin bisa membantu memotong risiko terkena diabetes tipe-2. Makan sekitar 55 gram (3 sendok makan) kenari bisa menyebabkan 47 persen lebih rendah prevalensi diabetes tipe-2 dari berkembang.

Mengonsumsi banyak kenari membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah dan mengurangi kolesterol LDL “jahat”, yang menumpuk di pembuluh darah Anda dan bisa menyebabkan pembekuan darah dan serangan jantung.

Disfungsi pembuluh darah dan kolesterol LDL yang tinggi merupakan faktor risiko untuk diabetes tipe 2, yang dikaitkan dengan obesitas dan penuaan dan terjadi ketika tubuh tidak bisa membuat atau memproses cukup banyak hormon insulin.

Telah diamati bahwa individu dengan diabetes sering mengalami peningkatan tekanan darah, kolestero, atau trigliserida yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Penelitian sebelumnya telah meneliti hubungan antara konsumsi walnut dan kesehatan kardiovaskular serta diabetes.

Studi ini memberikan dukungan tambahan untuk peran walnut sebagai bagian dari diet sehat yang bisa membantu mengurangi risiko diabetes.

"Ada banyak penelitian sebelumnya yang mengaitkan konsumsi kenari dengan memperbaiki penanda kesehatan jantung dan menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung," kata Deirdre Tobias, ahli epidemiologi di Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School di Boston, seperti dilansir laman India Times.

Kacang kenari, yang kaya asam lemak dan nutrisi lain seperti folat dan vitamin E, tidak terkait dengan kenaikan berat badan dalam penelitian ini meskipun mereka adalah makanan berkalori tinggi.

Makan segenggam kenari setiap hari mungkin bisa membantu memotong risiko terkena diabetes tipe-2.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News