Yuk, Cicipi Kuliner Khas Kudus Ala Pelajar di Endeus Festival 2019

Yuk, Cicipi Kuliner Khas Kudus Ala Pelajar di Endeus Festival 2019
Siswa-siswi SMK PGRI 2 menyiapkan Soto Kudus, salah satu kuliner khas dari Kudus, Jawa Tengah. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Sepuluh siswa terpilih dari SMK PGRI 2 Kudus mengikuti ajang Endeus Festival yang diselenggarakan di Gandaria City, Jakarta Selatan, 25 hingga 27 Oktober 2019. Di bawah bimbingan Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI), mereka menyajikan berbagai masakah khas Kudus untuk ribuan pengunjung yang hadir dalam festiival kuliner yang diinisiasi Endeus.tv.

Pada Minggu (27/10), siswa SMK PGRI 2 Kudus melakukan cooking demo bersama Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) untuk memperkenalkan masakan Indonesia. Tak hanya itu, ada juga gelaran  gelaran “Home Chef Competition Final”.

Menu khas Kudus yang disajikan seperti, Sate Kerbau, Soto Kudus dan Garang Asem. “Sejak tadi pagi sebelum resmi dibuka, sudah banyak orang yang lalu-lalang untuk foto booth yang berbentuk Rumah Kudus,” kata David Wayne Ika, CEO Endeus.tv.

SMK PGRI 2 Kudus merupakan salah satu dari 16 SMK binaan Djarum Foundation yang berfokus di bidang kuliner. Keikutsertaan SMK PGRI 2 Kudus di festival kuliner ini  untuk memperkenalkan Kokiku sebagai teaching factory. Melalui teaching factory, siswa mampu menghasilkan suatu produk atau jasa berdasarkan pesanan nyata konsumen dengan menggabungkan teori dengan praktik kerja. 

“Kami mewadahi semua generasi di bidang kuliner mulai dari penjual makanan, pegiat makanan bisnis kuliner, brand masak serta chef dari berbagai kategori level. Ini adalah pengalaman berharga yang mungkin tidak didapatkan semua siswa SMK. Di sini mereka harus praktik langsung mulai dari memasak, testing food, persiapan event, sampai melayani da berkomunikasi dengan pembeli,” ujar David.

Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma menambahkan, sangat penting bagi para siswa sekolah kejuruan untuk berinteraksi langsung dengan dunia industri yang mereka geluti. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari proses interaksi langsung ke pasar.

“Keterlibatan SMK PGRI 2 Kudus di Endeus Festival merupakan bagian dari upaya peningkatan kompetensi siswa di bidang kuliner. Mereka dihadapkan langsung dengan pasar dan industri kuliner, yang membutuhkan banyak tenaga kerja dengan keahlian spesifik. Diharapkan ini akan menambah kemampuan dan pengalaman mereka,” ungkap Galuh. 

Pengunjung festiva tidak hanya menikmati sajian, tetapi juga bisa melihat secara langsung proses di balik dapur yang dilakoni oleh para pelajar SMK PGRI 2 Kudus. “Menu yang disajikan adalah menu kuliner khas Kudus seperti Soto Kudus, Sate Kerbau, Garang Asem dan Es Kuwud. Ada juga masakan yang berasal dari resep orisinal yang telah mereka kembangkan sendiri yaitu ayam bumbu rujak,” tutur Galuh.

Sepuluh siswa terpilih dari SMK PGRI 2 Kudus mengikuti ajang Endeus Festival yang diselenggarakan di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News