Yuk, Kelola Sampah Rumah Tangga dengan Cara Ini, Mudah Loh

Yuk, Kelola Sampah Rumah Tangga dengan Cara Ini, Mudah Loh
Dengan menggunakan SinkGard food waste disposer sampah rumah tangga jadi berkurang. Foto dok. Addon Cadiac Alfa

jpnn.com, JAKARTA - Sampah bukanlah masalah sepele. Data statistik pada 2019 menunjukkan, jumlah sampah konsumsi di Indonesia telah mencapai 175 ribu ton per hari. 

Menurut Teddy Tjahyadi, CEO PT Addon Cadiac Alfa, jika hal tersebut dibiarkan akan berdampak besar pada lingkungan.

Itu sebabnya harus dilakukan pengelolaan secara baik, dimulai dari level rumah tangga. Ibu rumah tangga dan para juru masak harus memahami betul pentingnya pengelolaan sampah di dapur mereka.

"Jika tidak segera dibuang, sampah sisa makanan di dapur tentu akan jadi masalah. Selain menimbulkan bau tak sedap, sampah tersebut juga bisa mengundang banyak binatang seperti kecoa, semut, hingga tikus" ucap Teddy dalam keterangannya, Sabtu (19/2).

Pria yang sangat  fokus di bidang pengelolaan sampah rumah tangga ini menambahkan, di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, sejak 1980-an mereka telah mengenal cara efektif dalam hal pengelolaan sampah di dapur.

Mereka mengenalnya dengan sebutan food waste disposer. Cara ini terbukti berhasil mengurai masalah sampah dari sisa-sisa makanan yang ada di dapur. 

"Caranya dengan menambahkan mesin penghancur sisa makanan  di sink cuci piring. Nah, mesin ini yang secara tidak langsung akan memilah sampah sisa makanan pada rumah tangga dan meminimalisir penumpukan sampah yang ada pada TPA Landfill," jelas Teddy.

Di Indonesia, dia mulai concern dengan food waste disposer ini sejak 2015 dengan mengenalkan merek SinkGard. Dalam perkembangannya, masyarakat makin banyak yang teredukasi untuk mengelola sampah sisa makanan dari dapur mereka.

Ibu rumah tangga tidak perlu repot-repot dengan masalah sampaih rumah tangga dengan menggunakan cara ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News