JPNN.com

Yuk Kenali Jenis-jenis Olahraga

Minggu, 15 September 2019 – 08:11 WIB Yuk Kenali Jenis-jenis Olahraga - JPNN.com

jpnn.com - Bertahun-tahun punya gaya hidup sedenter atau bermalas-malasan, akhirnya Anda menyadari betapa pentingnya olahraga dalam menunjang kesehatan tubuh.

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar merupakan dambaan setiap orang. Tak hanya bagi orang-orang yang memiliki penyakit, orang yang sehat pun akan merasakan manfaat sehatnya.

Jenis-jenis olahraga

Bagi yang tidak pernah atau sudah lama tidak berolahraga, Anda bisa kebingungan untuk memulainya. Oleh karena itu, pertama-tama mari kenali berbagai jenis olahraga.

  • Aerobik: biasanya ini merupakan olahraga inti, berupa gerakan berulang-ulang. Contohnya adalah berenang, lari, dan menari.
  • Kekuatan: jenis ini diterapkan untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Contohnya adalah latihan resistansi, plyometrics, angkat beban, dan sprint.
  • Calisthenics: pergerakan tubuh dasar tanpa perlengkapan gym dan dilakukan dengan kecepatan aerobik sedang. Contohnya adalah sit-up, push-up, dan pull-up.
  • High-intensity interval training (HIIT): mencakup pengulangan latihan intensitas tinggi dalam waktu pendek, diikuti dengan latihan intensitas rendah atau periode istirahat.
  • Boot camp: latihan sirkuit intensitas tinggi berbasis waktu yang mengombinasikan aerobik dan latihan resistensi.
  • Keseimbangan: dilakukan untuk menguatkan otot dan meningkatkan koordinasi tubuh. Contohnya adalah pilates, tai chi, dan latihan kekuatan inti.
  • Fleksibilitas: ditujukan untuk membantu pemulihan otot, menjaga rentang gerak, dan mencegah cedera. Contohnya adalah yoga atau peregangan otot yang disesuaikan dengan kondisi tiap individu.

Jenis olahraga di atas bisa dilakukan sendiri maupun dikombinasikan dengan jenis lainnya. Satu hal yang paling penting, lakukan apa yang paling pas dengan kondisi Anda dan bersenang-senanglah saat melakukannya.(klikdokter)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...