JPNN.com

Yuk Kenali Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Mata

Kamis, 12 Mei 2016 – 12:11 WIB Yuk Kenali Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Mata - JPNN.com

TAK hanya wajah dan tubuh yang harus kita jaga, kesehatan mata juga harus diperhatikan. Anda bisa merawat mata melalui diet berbasis tanaman.

Meski ada banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mata sehat, namun ada beberapa nutrisi yang dikenal mampu menjaga mata tetap sehat, seperti dilansir laman Care2, Rabu (11/5).

1. Alpha karoten.

Jenis karotenoid ini ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti aprikot, brokoli, wortel, sawi, sayuran hijau, kale, mangga, pepaya, persik, ubi jalar, labu, bayam dan tomat.

2. Beta karoten.

Kebanyakan orang telah mendengar tentang beta karoten, tetapi tidak ada artikel tentang nutrisi ini untuk penglihatan yang lebih baik. Beta karoten ditemukan di banyak makanan. Seperti aprikot, brokoli, wortel, sawi, sayuran hijau, kale, mangga, pepaya, persik, ubi jalar, labu, bayam dan tomat.

3. Lutein.

Lutein bertindak sebagai antioksidan dalam mata untuk melindungi mereka dari kerusakan radikal bebas. Lutein merupakan pigmen berwarna kuning yang ditemukan dalam banyak makanan, termasuk aprikot, alpukat, brokoli, wortel, sawi, telur, sayuran hijau, kale, daun bawang, mangga, pepaya, persik, ubi jalar, labu, bayam dan tomat.

4. Naringin.

Naringin membantu melindungi retina di mata. Naringin terutama ditemukan dalam grapefruit.

5. Rutin.

Tanpa rutin, tubuh Anda tidak bisa menyerap vitamin C. Rutin adalah nutrisi kuat yang meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan dan memperkuat pembuluh darah, terutama pembuluh kapiler kecil.

Rutin juga mampu meningkatkan sirkulasi dan bertindak sebagai antioksidan terhadap kerusakan radikal bebas, serta sangat membantu untuk retinopati diabetes. Rutin biasanya ditemukan dalam buah jeruk, apel merah, aprikot, bilberry, blackberry, brokoli, gandum, ceri, kismis hitam, anggur, kacang-kacangan, bawang, paprika, plum, mawar dan teh.

6. Zeaxanthin.

Zeaxanthin membantu mencegah terhadap degenerasi makula mata, yang menjadi penyebab kebutaan pada orang tua. Biasanya, pelindung mata ini ditemukan dalam aprikot, brokoli, wortel, sawi, telur, sayuran hijau, kale, daun bawang, mangga, pepaya, persik, ubi jalar, labu, bayam dan tomat.(fny/chi/jpnn)

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...