Yuk Simak, Manfaat Makan Buah Segar Bagi Jantung Anda

Yuk Simak, Manfaat Makan Buah Segar Bagi Jantung Anda
Ilustrasi

jpnn.com - BAGI Anda yang tidak suka mengonsumsi buah, tampaknya harus berpikir ulang. Sebab, makan buah segar secara teratur bisa membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang makan buah segar. Seperti apel dan jeruk setiap hari, mampu mengurangi sepertiga risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke, dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah makan buah.

"Konsumsi buah penting bagi kesehatan jantung Anda," kata pemimpin peneliti, Dr. Liming Li, seperti dilansir laman Health, Selasa (10/5).

Peserta studi yang makan buah paling sering memiliki tekanan darah dan gula darah lebih rendah. Nah ini yang menyebabkan penurunan risiko serangan jantung dan stroke.

Untuk penelitian ini, Li dan rekannya mengumpulkan data lebih dari 500 ribu orang dewasa, yang berusia 30-79 tahun pada 2004 dan 2009.

Selama tujuh tahun, mereka yang makan setara dengan kira-kira setengah cangkir buah sehari memiliki risiko jauh lebih rendah dari penyakit kardiovaskular.

"Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab utama kematian dini secara global," kata Dr. Gregg Fonarow, seorang profesor kardiologi di University of California, Los Angeles.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa diet tinggi buah berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Hanya saja, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah makan lebih banyak buah akan menghasilkan keuntungan bagi kesehatan Anda.

BAGI Anda yang tidak suka mengonsumsi buah, tampaknya harus berpikir ulang. Sebab, makan buah segar secara teratur bisa membantu mencegah serangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News