JPNN.com

Zarco Tak Menduga Bisa Start Terdepan di MotoGP Prancis

Minggu, 20 Mei 2018 – 09:52 WIB Zarco Tak Menduga Bisa Start Terdepan di MotoGP Prancis - JPNN.com

jpnn.com, LE MANS - Pembalap Yamaha Tech 3 Johann Zarco tampil habis-habisan di kualifikasi MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Sabtu (19/5) malam WIB. Di depan publik sendiri, Zarco tak hanya mencatat pole, namun menjadi pemegang rekor la tercepat di sirkuit tersebut.

Dalam kualifikasi, pembalap 27 tahun tersebut bersaing sangat sengit dengan juara bertahan MotoGP Marc Marquez pada tiga menit terakhir. Keduanya menggunakan kombinasi ban yang berbeda. Zarco memasang ban soft-soft. Sementara Marquez medium-soft atau satu level lebih keras untuk ban depan.

Marquez sejatinya mencatat waktu fantastis satu menit 31,315 detik. Rasanya, pole position sudah di depan mata. Namun, Zarco membalas dengan satu menit 31,185 detik, 0,2 detik lebih cepat dari Marquez.

Meski chequered flag sudah berkibar, Marquez masih punya kesempatan terakhir untuk mengalahkan catatan waktu Zarco. Dia sukses menajamkan catatan waktunya menjadi satu menit 31,293 detik. Tapi itu tidak cukup untuk menggeser posisi Zarco di pole position. ''Kami tahu lap itu cukup cepat. Tapi saya melakukan kesalahan di Tikungan 2 dan Johann luar biasa. Dia layak mendapat pole ini,'' ucap Marquez.

Pole ini menjadi yang kedua bagi Zarco musim ini. Atau yang keempat sepanjang kariernya di MotoGP. Terakhir, pembalap Prancis tersebut merebut posisi start terdepan pada MotoGP Qatar.

Juara dunia Moto2 dua musim beruntun tersebut mengakui dukungan penonton lokal memberinya energi positif untuk bisa tampil habis-habisan. ''Saya tidak menduga bisa seemosional ini. Lihat besok (balapan nanti malam) apakah energi ini cukup untuk membawaku memenangi lomba,'' tandasnya.

Marquez sendiri mengatakan ada tiga sampai empat pembalap yang memiliki race pace setara di Le Mans. Mereka adalah Zarco, Andrea Dovizioso (Ducati), dan Maverick Vinales (Movistar Yamaha). Dengan pace yang sama, pemilihan ban akan menjadi sangat krusial pada balapan nanti malam. ''Kami akan berusaha untuk berdiri di podium,'' kata Marquez. (cak/nur)

(Baca: Hasil Kualifikasi MotoGP Prancis)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...