Ziarah ke Makam Sang Kakek di Pacitan

Ziarah ke Makam Sang Kakek di Pacitan
Ziarah ke Makam Sang Kakek di Pacitan

jpnn.com - PACITAN - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhono, bersama keluarga besar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kampung halaman, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur,  Minggu (6/4).

Selama di Kabupaten Pacitan, Ibas, sapaan karibnya, bersama keluarga melakukan ziarah ke makam sang kakek, almarhum R Soekotjo di Taman Makam Pahlawan Bunga Bangsa, Jl Ahmad Yani Pacitan.
 
“Ziarah sudah menjadi agenda rutin keluarga, sekaligus berdoa bersama agar senantiasa  diberikan kelancaran,” ungkap Ibas disela-sela acara ziarah.

Ibas menyatakan salah satu tujuan ziarah di makam sang kakek adalah bentuk penghormatan kepada almarhum. "Bagi saya,  mendiang kakek adalah sosok yang luar biasa. Karena atas didikan mendiang kakek itulah, ayahanda bisa seperti sekarang. Bisa menjadi Presiden Republik Indonesia," kata suami Siti Rubi Aliya ini.

Dia menambahkan, selain memanjatkan doa agar mendiang sang kakek senantiasa mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT, adalah juga ingin agar dirinya mendapat spirit kepemimpinan almarhum semasa hidupnya, yang mampu  mendidik SBY hingga menjadi tokoh nasional dan dunia saat ini.

"Semoga spirit yang ditunjukan kakek saya semasa hidupnya, dalam mendidik anak-anaknya, sehingga menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara, bisa menjadi cermin di dalam kehidupan saya di masa depan. Dan saya bersyukur, ayahanda saya, Pak SBY, menularkan kepemimpinan kakek saya di dalam mendidik anak-anaknya," tandas Ibas.

Turut mendampingi rombongan, Menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Seperti Menkopolhukam, Joko Suyanto, Mensesneg, Sudi Silalahi, dan Sekretaris Kabinet, Dipo Alam. Ikut serta dalam rombongan, Sekjend DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY).

Sekitar pukul 14.45 WIB, rombongan Kepresidenan sampai di Pacitan. SBY beserta rombongan langsung menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kucur, Kelurahan Sidoharjo, untuk berziarah di pusara budenya, Hj. Watini.  Kedatangan orang pertama di Indonesia itu disambut Bupati Pacitan, H. Indartato, Sekkab Pacitan, H. Suko Wiyono, Ketua DPRD, Soetopo, serta jajaran Muspida.

Usai melakukan ziarah dan tabur bunga di pusara budenya, SBY melanjutkan perjalanan menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa), Jl. A. Yani. Di lokasi kunjungan ke dua, Presiden juga melakukan hal yang sama. SBY dengan didampingi Ibu Negara, Hj. Ani Yudhoyono dan putra bungsunya, EBY, langsung menuju pusara ayahandanya, R. Soekotjo untuk memanjatkan doa dan melakukan tabur bunga.

PACITAN - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhono, bersama keluarga besar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News