Ziarahi Makam Nani Wartabone, Anies: Beliau Pejuang yang Penuh Kesederhanaan

Ziarahi Makam Nani Wartabone, Anies: Beliau Pejuang yang Penuh Kesederhanaan
Capres RI nomor urut 1 Anies Baswedan berziarah ke makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone di tengah kampanye di Provinsi Gorontalo, Senin(8/1/2024). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, GORONTALO - Calon Presiden (Capres) RI nomor urut 1 Anies Baswedan berziarah ke makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone di tengah kampanye di Provinsi Gorontalo, Senin(8/1).

Kedatangan Anies di lokasi tersebut disambut pihak keluarga, Arisman Wartabone yang merupakan cucu dari Nani Wartabone.

"Di sini kami mendoakan semoga kegigihan perjuangan pahlawan nasional menjadi inspirasi. Insyaallah akan lebih banyak lagi pejuang-pejuang seperti Pak Nani di Gorontalo," kata Anies.

Menurut Anies, saat ziarah dia juga melihat sejumlah foto cerita sejarah tentang Nani Wartabone, termasuk piagam-piagam dan artefak.

Menurut Anies, Nani adalah pejuang yang pemikirannya melampaui zaman.

Nani sudah memproklamirkan kemerdekaan jauh sebelum proklamasi Indonesia.

Sosok Nani juga konsisten memperjuangkan persatuan, menentang segala bentuk perpecahan dan gerakan yang memecah persatuan (RIS dan PRRI/Permesta).

“Beliau pribadi yang penuh kesederhanaan pemimpin yang lahir dari proses panjang, Sejak remaja dia merintis perjuangan dengan mendirikan Jong Gorontalo,” tuturnya.

Capres RI Anies Baswedan menziarahi makam pahlawan nasional Nani Wartabone di sela-sela kampanye di Gorontalo, Senin (8/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News