Zudan Minta Daerah Umumkan Ketersediaan Blangko e-KTP

Zudan Minta Daerah Umumkan Ketersediaan Blangko e-KTP
Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh. Foto: Radar Cirebon/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menginstruksikan seluruh dinas kependudukan di daerah, mengumumkan stok blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) kepada masyarakat.

Langkah tersebut dinilai penting untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam mendistribusikan blangko e-KTP.

"Jumlah blangko yang tersedia di dinas dan kecamatan terutama yang ada printernya (untuk mencetak e-KTP,red) mengumumkan setiap hari. Umumkan ketersediaan blangko di papan pengumuman," ujar Zudan di Jakarta, Rabu (20/12).

Zudan menilai, pengumuman stok blangko juga bermanfaat untuk memberantas praktik pungutan liar dan calo.

Selain itu, juga untuk menenangkan masyarakat. Karena selama ini banyak keluhan yang mengemuka terkait stok blangko e-KTP.

"Kami juga meminta pada daerah, sebelum blangko di dinas habis agar segera mengambil ke pusat. Saya ajak teman-teman daerah mulai berani membuka diri, lebih transparan," ucapnya.

Mantan Penjabat Gubernur Gorontalo ini berharap, dengan langkah yang diambil maka tak akan ada lagi masyarakat yang mengeluh terkait blangko e-KTP.

"Alhamdulillah, daerah-daerah sudah mengumumkan ketersediaan blangko sesuai instruksi saya. Semoga bisa memberantas pungli, calo dan membangun akuntabilitas dan transparansi," pungkas Zudan.(gir/jpnn)


Zuan Arif Fakrulloh menilai, pengumuman ketersediaan blangko E-kTP penting sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pendistribusian blangko.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News