Zzz...Air PDAM Cuma Mengalir saat Malam

Zzz...Air PDAM Cuma Mengalir saat Malam
PDAM. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - BANYUWANGI - Warga di Banyuwangi belakangan tidak bisa menikmati air PDAM dengan Lancar.

Ini dialami warga di sepanjang Jalan Ijen, Lingkungan Singodiwongso, Kelurahan Singoturunan, dan sekitarnya.

Sebab, air PDAM tersebut hanya mengalir saat malam. Alirannya pun tidak terlalu besar. Sementara itu, saat siang air dipastikan tidak mengalir sama sekali.

Keluhan serupa dirasakan warga Lingkungan Tangkong, Kelurahan Singoturunan, hingga Kelurahan Temenggungan. Warga resah karena fenomena mampetnya saluran PDAM yang berlarut-larut tersebut.

Yayak, 35, salah seorang warga Jalan Ijen, Kelurahan Singoturunan, menuturkan bahwa saluran air PDAM di lingkungannya mampet sejak tiga hari terakhir.

Saat ini dia dan warga lain harus pintar menyimpan air saat air PDAM hanya mengalir pada malam.

''Kadang saya nunut mandi di toilet supermarket di Jalan Basuki Rahmat. Sebab, air yang saya tandon tidak cukup digunakan saat malam. Alirannya sangat kecil,'' jelasnya.

Bukan hanya warga di Jalan Ijen, warga di Jalan Bunyu, Kelurahan Lateng, pun merasakan hal itu. Sejak beberapa hari terakhir, air di daerah tersebut hanya mengalir saat malam dengan debit air yang sangat kecil.

''Iya betul, mampet terus airnya. Setiap malam kami selalu nandon air. Tapi ya gitu, air hanya cukup digunakan untuk mandi satu orang,'' kata Indra, 25, warga setempat.

Direktur PDAM Banyuwangi Ayub Hidayat menjelaskan, saluran PDAM di wilayah Banyuwangi kota mampet karena debit air di sumber air Kluncing, Kecamatan Giri, berkurang dengan sangat drastis.

Jika normalnya berada pada angka 50 sentimeter di atas batas normal, saat ini air berada pada angka 8 sentimeter saja di atas batas normal. ''Itu yang memicu tidak meratanya pembagian air,'' ungkapnya.

Saat ini PDAM memasang pipa besar sejauh 1,5 kilometer. Pipa besar dan panjang tersebut akan mengambil air dari sumber lain untuk dialirkan ke daerah-daerah yang sering mengalami gangguan.

Bukan hanya itu, pihaknya juga mengecek pipa-pipa lama. Sebab, dikhawatirkan ada indikasi kebocoran pipa. (tfs/aif/c5/diq/flo/jpnn)
 


BANYUWANGI - Warga di Banyuwangi belakangan tidak bisa menikmati air PDAM dengan Lancar. Ini dialami warga di sepanjang Jalan Ijen, Lingkungan Singodiwongso,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News