Tentang Perempuan Cantik yang Hadapi Gugatan Komjen BG

Tentang Perempuan Cantik yang Hadapi Gugatan Komjen BG
Chatarina Girsang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (12/2). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JIKA Anda mengikuti siaran televisi yang menayangkan persidangan praperadilan yang diajukan Komjen Pol Budi Gunawan, tampak wajah perempuan cantik, berkulit putih, duduk di deretan kursi kuasa hukum KPK.

Dia adalah Chatarina Girsang, putri tokoh marga Girsang di Jakarta, Raja Ulung Girsang. Perempuan kelahiran 19 November 1972 itu kini menjabat sebagai Kepala Biro Hukum KPK. Karena jabatannya itu, dia memimpin tim kuasa hukum KPK, menghadapi gugatan BG yang sudah disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Karir perempuan bernama lengkap Chatarina Muliana Girsang ini dirintis dari bawah. Lulus S-2 Hukum Universitas Padjajajaran Bandung, pernah menjadi Kepala Sub Seksi Ekonomi Moneter, Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Bekasi pada 2001-2005. Juga sempat dinas di Kejaksaan Agung.

Nyemplung di KPK, dia pernah menduduki kursi Kepala Satgas Penuntutan pada Direktorat Penuntutan KPK, juga Kepala Bagian Perancangan Peraturan KPK.

Chatarina juga merupakan salah satu jaksa penuntut umum dari KPK, yang dulu menangani kasus-kasus korupsi terkait pejabat Sumut. Antara lain korupsi APBD Medan dan pengadaan mobil pemadam kebakaran, dengan terdakwa Walikota Medan Abdillah dan wakilnya, Ramli.
 
Dalam kasus korupsi APBD Langkat dengan terdakwa Gubernur Sumut Syamsul Arifin saat itu, Chatarina lagi-lagi menjadi anggota JPU.

Seperti sosok para pegawai KPK yang lain, dia ramah, tapi tidak gampang obral komentar. Di luar persidangan, tak banyak cakap.

"Dia orangnya memang santun, sopan, menaruh hormat pada siapa pun. Di rumah, dia merupakan istri yang baik, ibu yang baik bagi anak-anaknya. Tapi sebagai jaksa, dia tetap profesional. Orangnya kritis. Dia itu saudara saya," ujar pengacara kondang, Juniver Girsang, kepada JPNN kemarin saat ditanya tentang sosok Chatarina.

Dalam sebuah wawancara dengan media, Chatarina mengaku masih menyempatkan waktu di pagi hari untuk mengantar anaknya berangkat ke sekolah.

JIKA Anda mengikuti siaran televisi yang menayangkan persidangan praperadilan yang diajukan Komjen Pol Budi Gunawan, tampak wajah perempuan cantik,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News