Oh, Rupanya Ini Pemicu Harga BBM Turun

Oh, Rupanya Ini Pemicu Harga BBM Turun
SPBU. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menilai harga bahan bakar minyak (BBM) memang sudah waktunya untuk turun. Hal itu dikatakan Rizal menanggapi rencana pemerintah yang kabarnya bakal menurunkan harga BBM mulai 1 Januari 2016.

"Saya kira sih memang sudah waktunya (harga BBM turun-red) karena harga energi di dunia terus merosot," ujar Rizal di kantornya, Gedung BPPT I, Jakarta, Rabu (23/12). 

Menurut Rizal, harga minyak dunia yang anjlok hingga di bawah 40 dolar AS per barel menjadi alasan kuat untuk pemerintah menurunkan harga BBM. "Itu harga terendah sepanjang 11 tahun terakhir," kata mantan kepala Bulog itu.

Alasan lainnya menurut mantan menko perekonomian era Gus Dur ini, adanya peningkatan suplai yang tidak dibarengi oleh permintaan yang berkurang akibat perlambatan ekonomi global.

"Yang juga sangat penting adalah temuan ladang minyak besar di utara Rusia. Cadangannya sangat besar sekali dan itu punya pengaruh terhadap harga minyak mentah," ulas Rizal.

Mengenai berapa besaran penurunan harga yang pantas untuk BBM di tahun 2016, pria berkacamata ini enggan menyebut nominal angka. Rizal meminta agar masyarakat bersabar menunggu pengumuman resmi dari pemerintah mengenai penurunan harga BBM. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menilai harga bahan bakar minyak (BBM) memang sudah waktunya untuk turun.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News