Gelombang Panas di Australia sampai 46 Derajat Celsius

Gelombang Panas di Australia sampai 46 Derajat Celsius
Foto: AFP
SYDNEY - Saat sebagian wilayah tanah air kedinginan oleh banjir, Australia, negara benua di selatan Indonesia, kini sedang menghadapi bencana yang wujudnya bertolak belakang. Di wilayah tenggara, gelombang panas sampai 46 derajat Celsius yang disertai tiupan angin kencang memicu terjadinya bush fire (kebakaran semak belukar) hebat yang menewaskan 14 orang dan menghanguskan lahan seluas 12.140 hektare dan 30 rumah.

Menurut catatan pemerintah, sedikitnya tiap tahun ada 60.000 titik api.

Di Victoria, negara bagian dengan skala kebakaran terbesar, lebih dari 4.000 petugas pemadam kebakaran (PMK) dikerahkan. Sedangkan di negara bagian New South Wales (NSW), PMK berusaha untuk menguasai kebakaran yang menghantam hutan cemara di barat daya ibu kota Australia, Canberra.

Kebakaran juga menyebabkan bencana lingkungan besar berupa tewasnya ribuan satwa, menurut para ahli lingkungan, awal pekan ini. "Ribuan koala, kanguru, possum, burung, dan reptil-reptil langka lainnya tidak bisa melarikan diri dari neraka tersebut," kata Jenny Stokes, juru bicara Dinas Taman Nasional dan Margasatwa NSW. (CNN/kim)

SYDNEY - Saat sebagian wilayah tanah air kedinginan oleh banjir, Australia, negara benua di selatan Indonesia, kini sedang menghadapi bencana yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News