Arus Urbanisasi Diperkirakan Capai 1,06 Juta Orang

Arus Urbanisasi Diperkirakan Capai 1,06 Juta Orang
Arus Urbanisasi Diperkirakan Capai 1,06 Juta Orang

jpnn.com - JAKARTA - Mudik lebaran telah usai. Namun masih ada yang tersisa dari fenomena pulang kampung di Indonesia ini. Yakni arus urbanisasi yang kerap terjadi pasca mudik terjadi. Tahun ini, perpindahan penduduk dari desa ke kota ini diperkirakan mencapat 1,061.745 juta jiwa.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah oleh Pusat Data dan Informasi Ketenagakerjaan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), jumlah tersebut mengalami penurunan sekitar 55 ribu orang dibandingkan pada tahun 2013, yang mencapai 1.006.745 orang.

Fenomena ini, tak hanya terjadi di ibukota, Jakarta, melainkan juga disejumla kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Bandung, Semarang, dan Medan.

Arus urbanisasi ini sayangnya tak hanya memindahkan penduduk saja. Secara tidak langsung, persoalan lain yang ada juga turut dipindahkan. Misalnya para penduduk baru yang datang tanpa keterampilan dan keahlian. Mereka dianggap hanya akan menimbulakan peningkatan pengangguran di perkotaan.

"Sebagian besar dari mereka tidak dibekali keterampilan dan keahlian yang cukup untuk mencari pekerjaan yang sesuai sehingga dapat menjadi permasalahan baru di perkotaan," ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar di Jakarta, kemarin.

Karenanya, pihaknya tengah berupaya untuk berkoordinasi dengan kementerian dan instansi terkait guna menagntispasi masalah ini. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan perekonomian kreatif di pedesaan.

Upaya tersebut dapat dibantu dengan dana Rp 1,5 miliar per tahun per desa yang telah dianggarkan melalui Undang-undang Desa.

"Kita harus mendorong daerah agar berhasil mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan dan meningkatkan pembangunan di pedesaan dan kota-kota kecil. Agar penduduk tidak harus pergi ke kota," pungkasnya.

JAKARTA - Mudik lebaran telah usai. Namun masih ada yang tersisa dari fenomena pulang kampung di Indonesia ini. Yakni arus urbanisasi yang kerap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News