Welcome to Manchester

Welcome to Manchester
Radamel Falcao. Foto: getty images

jpnn.com - MANCHESTER - Jelang penutupan tadi malam, aktivitas bursa transfer pemain semakin dinamis.

Keputusan-keputusan mengejutkan pun bermunculan. Salah satunya adalah sukses Manchester United memboyong penyerang Radamel Falcao dari klub Prancis AS Monaco dengan status pinjaman.
    
Ada dua versi yang menerangkan kedatangan El Tigre - julukan Falcao- datang ke Old Trafford. Koran terbesar di Kolombia El Tiempo menulis bahwa Falcao dibeli dengan harga 53,1 juta pound atau sekitar Rp 1,03 triliun.
    
Namun, laporan hampir semua media Inggris termasuk BBC, The Guardian, The Telegraph, dan Sky Sports, menerangkan bahwa United meminjam Falcao dengan mahar 12 juta pound (sekitar Rp 233,5 miliar) selama satu musim.
      
Pemain yang pernah merumput bersama Atletico Madrid dan FC Porto itu menerima bayaran hingga 200 ribu pound (sekitar Rp 3,9 miliar) per pekan.
      
Koran berpengaruh asal Prancis L"Equipe yang melaporkan, Falcao memang hijrah ke United dengan status pinjaman. Namun, Setan Merah - julukan United - memiliki opsi untuk membeli penyerang timnas Kolombia itu pada musim panas tahun depan dengan harga 43,5 juta pound atau sekitar Rp 846,7 miliar.
    
Kedatangan Falcao ke United menjadi berita terheboh menjelang deadline transfer musim panas tadi malam. Padahal, sebelumnya, Falcao disebut-sebut akan menjadi pemain Real Madrid. Pekan lalu, lewat Twitter, Falcao sempat menulis "Hala Madrid,".

Walau belakangan dia mengaku bahwa akunnya dibajak orang. "Ini merupakan kejutan terbesar di hari pamungkas jendela transfer!" komentar harian olahraga yang berbasis di Madrid, AS.
    
United menyediakan jet pribadi untuk mengankut Falcao ke Manchester dari Nice, Prancis. Kalau semuanya lancar, hari ini Falcao sudah menyelesaikan tes medisnya di United.
    
"Ini adalah deal yang permanen. Namun berdasarkan aturan fair play, tahun pertama haruslah pinjaman dulu," ucap Jorge Mendes, agen Falcao, seperti dilansir Daily Star.  
    
Sebelumnya, striker 28 tahun tersebut memang dihubung-hubungkan dengan dua klub Premier League, Manchester City dan Arsenal. Hal itu setelah Falcao menunjukkan tanda-tanda tidak betah di Monaco karena kurangnya tantangan bermain di Ligue 1.  
    
City sejatinya sangat berpeluang mendapatkan Falcao. Tetapi, karena terhadang regulasi Financial Fair Play, The Citizens tidak boleh membeli pemain mahal lagi. "Kami sudah tidak tertarik untuk membeli Falcao," Kata CEO City Ferran Soriano kepada Daily Mail.  
    
Kalau semuanya lancar, Falcao akan bisa melakukan debut saat United menjamu Queens Park Rangers (QPR) dalam lanjutan Premier League 14 September mendatang di Old Trafford.
    
Kedatangan Falcao jelas membuat lini serang United itu akan semakin solid. Musim lalu dia mencetak 11 gol dalam 19 pertandingan setelah pindah dengan harga 50 juta pound (sekitar Rp 973,2 miliar) dari Atletico Madrid.
    
Di Atletico dan klub sebelumnya, FC Porto, Falcao bersinar sangat terang. Secara luar biasa, striker bertinggi 177 cm itu mencetak 142 gol dalam 187 pertandingan.

Di Ligue 1 musim ini, Falcao juga sudah mencetak dua gol dalam tiga pertandingan. Jumlah itu bagus mengingat Falcao baru saja kembali dari cedera panjang yang memaksanya absen dari Piala Dunia 2014 di Brasil.
    
Kedatangan Falcao dengan status pinjaman dipuji sebagai langkah yang sangat strategis dari Executive Vice-Chairman United Ed Woodward. Karena kondisi fisiknya yang masih menjadi tanda tanya, kedatangan Falcao secara temporer untuk satu musim menjadi opsi terbaik ketimbang harus membeli secara permanen.
    
Dengan kapasitasnya sebagai pemain kelas dunia, Falcao jelas akan memiliki peran penting di United. Apalagi Wayne Rooney terlihat hampir melewati masa terbaiknya.
      
Sedangkan Robin van Persie adalah pemain rentan yang kerap terganggu dengan cedera menahun. Van Persie kabarnya akan melakukan operasi kaki untuk membereskan masalahnya.
      
Di sisi lain, hasrat United untuk membeli pemain baru tidak berhenti di transfer musim panas ini. Januari mendatang, manajer United Louis van Gaal menargetkan untuk mendapatkan pemain AS Roma Kevin Strootman dengan harga 25 juta pound (sekitar Rp 486,6 miliar).

Van Gaal memang mengagumi Strootman yang kerap dia jadikan kapten saat menangani tim nasional Belanda. (nur/ca)


MANCHESTER - Jelang penutupan tadi malam, aktivitas bursa transfer pemain semakin dinamis. Keputusan-keputusan mengejutkan pun bermunculan. Salah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News