Yahukimo Kelaparan, 92 Orang Tewas !

Selain Manusia, Hewan Ternak pun Mati Kelaparan

Yahukimo Kelaparan, 92 Orang Tewas !
Yahukimo Kelaparan, 92 Orang Tewas !
 JAYAWIJAYA- Bencana kelaparan kembali melanda Yahukimo. Dari pemantauan wartawan JPNN di sana, bencana kelaparan kali ini melanda di empat distrik. Masing-masing, di Suntamon, Langda, Bomela dan Seradala. Bencana kelaparan, sudah terjadi sejak Januari hingga Agustus 2009, dan sudah menewaskan 92 orang. Tragedi serupa juga pernah melanda kawasan ini pada tahun 2005. Ketika itu, dikabarkan 55 orang tewas dan ratusan lagi sempat kritis akibat kekurangan asupan makanan.

Bencana kelaparang kali ini, sudah lebih banyak memakan korban jiwa. Bukan hanya nyawa manusia yang melayang, tetapi juga hewan-hewan ternak pun ikut mati. Selama empat bulan terakhir, cuaca di Yahukimo memang kurang bersahabat dengan makhluk lain. Curah hujan yang tinnggi, disertai kabut tebal yang menyapu kawasan pegunungan ini membuat  tanaman pangan tidak tumbuh dengan baik.

Menurut Koordinator Yayasan Kristen Pelayanan Sosial Masyarakat Indonesia (Yakpesmi) Isak Kipka, meninggalnya 92 warga di empat distrik itu akibat kelaparan, karena kondisi cuaca selama periode Januari-Agustus lalu terus memburuk. Dari Mei - Agustus curah hujan cukup tinggi, dan selalu berkabut."Akibatnya, tanaman makanan tidak ada hasil. Umbi-umbian hanya tumbuh akarnya, dan tidak bisa dimakan," kata Isak mengisahkan.

Penduduk di empat distrik ini kekurangan bahan makanan. Akibatnya, kesehatan mereka pun terus menurun. Masyarakat yang kelaparan itu kemudian terserang berbagai penyakit.Seperti Malaria, sesak nafas maupun penyakit dalam seperti paru-paru basah. "Yang tidak tahan, kemudian meninggal dunia," Isak menuturkan.

 JAYAWIJAYA- Bencana kelaparan kembali melanda Yahukimo. Dari pemantauan wartawan JPNN di sana, bencana kelaparan kali ini melanda di empat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News